Offside.co.id

BOPI Dukung Ketum PSSI Berlatar Militer

Rabu 10 Agustus 2016 12:38 WIB

Offside.co.id – Munculnya kandidat calon Ketua Umum PSSI dengan latar belakang dari dunia militer mendapat dukungan dari Sekjen Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Heru Nugroho. Ia mengatakan, hadirnya kandidat tersebut demi membentuk pondasi yang kuat dalam persepak bolaan Indonesia.

“Keterlibatan calon ketua umum PSSI dari latar belakang militer (Edy Rahmayadi dan Moeldoko), diperlukan bukan hanya untuk memberikan ketegasan, tetapi juga agar ada perubahan dan perbaikan organisasi di PSSI khususnya pondasi bagi kemajuan sepak bola Indonesia,” kata Heru dilansir dari Antara.

Seperti diketahui, seusai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar 3 Agustus lalu, terdapat dua kandidat calon Ketua Umum PSSI yang sama-sama berlatar belakang militer yaitu Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi dan Jenderal Purnawirawan Moeldoko yang juga mantan Panglima TNI.

Akan tetapi, meskipun mendukung, Heru mengatakan jika nantinya, BOPI tidak menghendaki kepemimpinannya terlalu lama. Menurutnya, kepemimpinan militer di PSSI idealnya hanya memakan waktu satu atau dua tahun. Karena tugas utama kepemimpinan baru di federasi nasional mendatang, hanya untuk memperbaiki dan menyusun sistem sepak bola yang lebih baik.

“Paling satu atau dua tahun saja. Selanjutnya bisa dikembalikan ke sipil,” tutur Heru.

PSSI memang dikabarkan sudah mulai membuka pendaftaran calon ketua umum PSSI sejak pelaksanaan KLB-nya pada Rabu (3/8) lalu, namun persoalan teknis pencalonan tersebut belum rampung. Sementara, pemilihan ketua umum sendiri baru akan terlaksana pada 17 Oktober mendatang.

Sementara, beberapa nama calon yang mencuat antara lain Pangkostrad Edy Rahmayadi, Jenderal TNI Moeldoko, CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono dan Dirut PT Persib Bandung Bermartabat Glenn Sugita.

(Visited 743 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid