Offside.co.id

Bye Bye Riedl, Ini Dia Sosok Calon Pelatih Baru Timnas

Minggu 8 Januari 2017 07:34 WIB

Offside.co.id – Dua kandidat pelatih kelahiran Spanyol dibidik PSSI untuk menangani tim nasional senior. Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mengungkapkan di Bandung, Sabtu (7/1/2016), menjelang digelarnya Kongres tahunan PSSI.

Namun saat ditanya siapa nama kedua calon pelatih yang kelak akan menggantikan posisi Alfred Riedl itu Edy enggan mengungkapkan. “Tapi untuk kepastiannya nanti saja,” kata Pangkostrad ini.

Sumber Offside.co.id di lingkungan PSSI menyebutkan salah satu pelatih asal Spanyol itu adalah Luis Fernandez, mantan pelatih klub PSG berusia 57 tahun. Kandidat pelatih timnas senior itu terakhir kali tercatat sebagai pelatih timnas Guinea.

BACA JUGA :   Ngeri! Presiden Real Madrid Temui Keluarga Mbappe

Kendati lahir di Tarifa, Spanyol, karier Fernandez sebagai pemain yang berposisi gelandang bertahan justru dijalani di klub-klub Prancis yakni PSG, RC Paris, dan Cannes. Pasalnya, sejak berusia 9 tahun ia bersama keluarganya hijrah ke Prancis dan pindah menjadi warga negara Prancis.

Fernandez pernah tercatat sebagai pemain nasional Prancis pada tahun 1982 hingga 1992. Bersama Michel Platini, Fernandez ikut dalam skuat Prancis saat meraih juara Piala Eropa 1984. Pun demikian saat Prancis tampil hingga babak semifinal dalam Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain pada pada 1992, ia kemudian beralih profesi sebagai pelatih. Cannes menjadi klub pertamanya, sebelum kemudian melatih PSG dan Athletic Bilbao dan Espanyol.

BACA JUGA :   "Der Panzer" Muda Jerman Waspadai Meksiko

Edy Rahmayadi belum mau memastikan siapa nantinya pelatih timnas yang akan dikontrak PSSI. Dia hanya menegaskan bahwa kandidat pelatih timnas hanya dua. Keputusan mengenai siapa yang akan dikontrak akan dibahas dalam rapat Ekseskutif Komite (Exco) dalam Kongres PSSI yang akan digelar mulai Minggu (8/1) ini di Hotel Aryadutha, Bandung.

(Visited 438 times, 5 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo