Offside.co.id

Jadi Ketua Umum PSSI, Eddy Rumpoko Terganjal Aturan?

Kamis 15 September 2016 08:40 WIB

Offside.co.id – Jalan Eddy Rumpoko untuk melenggang menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dipastikan akan terjal. Setelah dipastikan lolos verifikasi oleh PSSI, Eddy Rumpoko dibenturkan sejumlah peraturan yang bisa menjegal dia dari bursa Calon Ketua Umum PSSI.

ER, sapaan akrabnya saat ini tengah menjabat Walikota Batu. Hal tersebut yang akan memberatkan ER. Melihat pasal 40 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional yang berbunyi pengurus komite olahraga nasional, komite olahraga provinsi, dan komite olahraga kabupaten/kota bersifat mandiri dan tak terikat dengan kegiatan jabatan struktural dan publik.

Namun ER menanggapi santai aturan tersebut. Menurutnya, aturan tersebut berlaku jika dirinya mencalonkan diri menjadi ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). “Silahkan diperiksa dan diteliti. Aturan itu berlaku jika saya masuk KONI,” ujar ER.

Tidak hanya pasal tersebut, Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 800/148/sj 2012 secara terang-terangan melarang kepala daerah tingkat I dan II, pejabat publik, termasuk wakil rakyat, maupun PNS rangkap jabatan pada organisasi olahraga seperti KONI dan PSSI Daerah, serta kepengurusan klub sepak bola profesional dan amatir juga menjadi batu sandungan ER.

Namun sepertinya ER tidak mempedulikan aturan-aturan tersebut. ER berharap jalannya menuju PSSI 1 mulus dan bisa membenahi tata kelola sepak bola Indonesia. “Keinginan saya murni untuk maju menjadi ketua umum agar bisa mereformasi federasi dan membenahi tata kelola sepak bola. Saya bukan membuat pro dan kontra,” pungkasnya. (FM)

BERITA MENARIK LAINNYA

Moeldoko: Restu dari Jokowi dan Wiranto

Kurniawan Siap Maju Sebagai Ketua Umum PSSI

Edy Curi Start, Moeldoko Tiarap

Derby Manchester: Laga Senilai Rp 12 Triliun!

(Visited 2.511 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid