Offside.co.id

Jelang Verifikasi Klub Liga 1, PSSI Beri Toleransi

Minggu 5 Maret 2017 09:13 WIB

Offside.co.id – Kompetisi Liga 1 2017 akan bergulir pertengahan April mendatang. Namun sebelum itu, PSSI akan terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap klub peserta Liga 1.

Dalam verifikasi tersebut, PSSI akan mengecek lisensi klub profesional ke-18 klub peserta Liga 1. Namun untuk mendapatkan lisensi klub profesional, masing-masing klub peserta harus memenuhi lima aspek sesuai standar AFC.

Lima aspek tersebut meliputi legalitas, finansial, infrastruktur, personel dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia muda). Dari lima aspek itu terdapat 49 item yang harus dipenuhi, sehingga nantinya klub-klub tersebut bisa berkompetisi di level antarklub Asia.

Kendati begitu, PSSI tidak akan menerapkan sepenuhnya lima aspek tersebut dalam melakukan verifikasi terhadap kontestan Liga 1. Hal itu berarti, PSSI memberikan toleransi dalam pemberian lisensi profesional untuk Liga 1.

“Nanti akan ada grade A, B, dan C. Kalau A tidak bisa ditawar seperti finansial dan legal, ada juga kriteria B yang harus dilakukan tapi bisa dikomunikasikan dan dinegosiasikan. Kalau C disarankan sebaiknya ada, kalau tidak ada juga tidak apa-apa,” kata Sekjen PSSI, Ade Wellington.

“Untuk nasional, detilnya kurang lebih sama. Akan kami terapkan 49 item ini, dengan catatan ada area tertentu di tahap pertama belum bisa kami terapkan. Contohnya, untuk asisten pelatih. Di aturan baru AFC, asisten pelatih harus berlisensi A AFC sementara di kita sangat terbatas. Sehingga untuk saat ini cukup di B AFC saja,” tambahnya.

PSSI akan menerapkan lisensi klub profesional berstandar AFC pada 2018 mendatang, sehingga klub Liga 1 memiliki waktu untuk mempersiapkan kekurangan tersebut. (BM)

(Visited 125 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid