Offside.co.id

Gatot: Kemenpora Tak Akan Intervensi PSSI Lagi

Sabtu 14 Mei 2016 13:40 WIB

SEUSAI mencabut Surat Keputusan (SK) Pembekuan PSSI beberapa hari lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku tidak akan melakukan intervensi terhadap induk organisasi sepakbola Indonesia tersebut. Janji itu disampaikan Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewa Broto, ketika membahas sejumlah klub bermasalah dalam sebuah diskusi.

Dalam diskusi bertema “PSSI Main Bola Lagi” di Tebet, Jakarta, Sabtu (14/5), ia menjanjikan hal iti. “Soal klub-klub bermasalah, kami tahu diri. Itu ranahnya PSSI. Kami akan membuat regulasi sehingga tidak ada intervensi,” kata Gatot.

BACA JUGA :   Kejar Zona Champions, Roma di Ujung Tanduk

Intervensi pemerintah terkait status Arema Cronus dan Persebaya Surabaya memang menjadi pangkal sanksi FIFA terhadap PSSI. Pada April 2015, pemerintah membekukan PSSI karena mengabaikan tiga surat peringatan terkait dua klub tersebut.

Akibatnya, FIFA melarang PSSI terlibat di ajang internasional sejak 30 Mei 2016. Sanksi tersebut baru dicabut dalam kongres ke-66 FIFA di Meksiko, Jumat (13/5).

Putusan FIFA disambut positif oleh Gatot. Dikatakan Gatot, Kemenpora berharap ini menjadi momentum perbaikan prestasi sepak bola Indonesia.

BACA JUGA :   Persija Bawa Satu Poin dari Barito Putera

“Pencabutan sanksi FIFA menjadi kado manis untuk rakyat Indonesia. Saatnya sepak bola kita bangkit,” tutur Gatot.

“Semoga ada peningkatan, khususnya aspek tata kelola organisasi PSSI, pembinaan usia dini, prestasi, transparansi, akuntabilitas, dan hubungan lebih harmonis dengan berbagai pemangku kepentingan,” ucapnya. (BM)

(Visited 50 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid