Offside.co.id

Klub Liga 1 Boleh Datangkan Marquee Player

Kamis 16 Maret 2017 22:18 WIB

Offside.co.id – PSSI menerapkan beberapa regulasi baru pada kompetisi Liga 1 yang akan digulirkan mulai 15 April mendatang, salah satunya tiap klub peserta boleh mendatangkan Marquee Player.

Marquee Player adalah pesepak bola ternama berkelas dunia yang memiliki pengalaman bermain di kompetisi top Eropa, bahkan Piala Dunia. Namun PSSI memberikan syarat Marquee Player yang bisa didatangkan oleh klub Liga 1.

Adapun syarat tersebut adalah Marquee Player tidak lebih berumur 35 tahun, pernah bermain di tiga putaran Piala Dunia (2006, 2010 dan 2014), serta bebas dari negara mana saja.

“Salah satu contoh Marquee Player seperti Michael Essien yang saat ini dipakai oleh Persib Bandung,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi usai pertemuan dengan klub peserta Liga 1 di Makostrad, Kamis (16/3).

Namun Edy menegaskan klub peserta Liga 1 tidak wajib memiliki Marquee Player dalam timnya. “Tidak wajib,” lanjutnya.

Pria yang juga Pangkostrad ini menambahkan, ketentuan Marquee Player diluar aturan perihal pemain asing 2+1 yang artinya klub bisa mengontrak dua pemain asing non-Asia, serta satu pemain Asia.

“Berarti klub bisa mengontrak empat pemain asing jika itu terdapat Marquee Player,” lanjutnya lagi.

Selain aturan Marquee Player dan pemain asing, PSSI juga menegaskan aturan terkait pemain U-23. PSSI ingin agar setiap tim masih berada di jalur aturan Liga 1 mengenai regulasi pemain U-23.

Regulasi itu adalah mengontrak sedikit-dikitnya lima pemain U-23 dan memainkan minimal tiga diantaranya dalam pertandingan.

“Jadi kalau ada pemain U-23 dipanggil timnas, klub harus langsung mencari penggantinya,” ujar Edy lagi. (BM)

(Visited 384 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid