Offside.co.id

Kongres Tahunan PSSI Juga Bahas Sepak Bola Gajah?

Sabtu 24 Desember 2016 11:56 WIB

Offside.co.id – PSSI pimpinan Ketua Umum Edy Rahmayadi berencana menggelar Kongres Tahunan pada 8 Januari mendatang di Kota Bandung. Dalam kongres tersebut, terdapat banyak pembahasan diantaranya format kompetisi musim depan, dan beberapa agenda tambahan.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan, kongres tahunan PSSI memang bisa saja membahas beberapa agenda tambahan seperti pemulihan tujuh klub terhukum yaitu Persebaya Surabaya, Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Persewangi Banyuwangi, Lampung FC, Persipasi Bekasi, dan Arema Indonesia.

Selain itu, dikatakan Joko, kongres tersebut juga dimungkinkan untuk membahas kasus sepak bola Gajah antara PSS Sleman melawan PSIS Semarang yang terjadi pada medio Oktober 2014 lalu di kompetisi Divisi Utama.

“Jika mengacu statuta, memang ada agenda peninjauan tentang pengampunan hukuman bagi badan, klub, maupun perorangan. Semua dimungkinkan dibahas saat kongres,” kata Joko Driyono.

Seperti diketahui, tragedi sepak bola gajah antara PSS dan PSIS sempat membuat heboh dunia sepak bola di Tahah Air maupun mancanegara. Dalam laga 8 besar Divisi Utama yang digelar tanpa penonton di Stadion AAU Sasana Krida, Yogyakarta tersebut, PSS menang 3-2, namun semua gol terjadi akibat gol bunuh diri.

Komisi Disiplin PSSI saat itu langsung memberikan hukuman berat kepada para pelaku sepak bola gajah, baik dari pemain, pelatih hingga ofisial tim yang dihukum dari lima tahun hingga hukuman seumur hidup. Namun Joko mengatakan, penghapusan hukuman tidak bisa dilakukan saat kongres.

Pasalnya, keputusan komdis maupun komisi banding PSSI tidak bisa dianulir oleh Komite Eksekutif PSSI karena mereka memiliki kewenangan tertinggi dalam tatanan hukum di sepak bola Indonesia.

(Visited 231 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid