Offside.co.id

Menpora Minta Kongres PSSI Dilaksanakan di Yogyakarta

Minggu 11 September 2016 14:17 WIB

Offside.co.id – Keinginan PSSI untuk menggelar Kongres yang mengangendakan pemilihan Ketua Umum, Wakil dan anggota Exco di Kota Makassar sepertinya akan terganjal. Pasalnya, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta kongres tersebut dialihkan ke Kota Yogyakarta.

Hal ini dituangkan dalam surat berkop Kemenpora bernomor S. 2844/MENPORA/IX/2016 yang bersifat sangat segera perihal rekomendasi, ditulis pada 9 September dan ditandatangani langsung oleh Menpora Imam Nahrawi.

Dalam surat tersebut disebutkan, bahwa Imam Nahrawi hanya akan memberiakn rekomendasi jika Kongres PSSI dilaksanakan di Yogyakarta. Imam beralasan, dipilihnya Yogyakarta sebagai wujud PSSI untuk kembali ke titik nol, mengingat kota tersebut adalah tempat lahirnya PSSI.

BACA JUGA :   Spektakuler! Asian Games 2018 Resmi Bergulir

Kendati begitu, juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan, adanya surat tersebut bukan sebagai paksaan. “Tidak ada perintah apalagi intervensi. Namun, substansi pemindahan kota ini semata karena pemerintah mengingatkan PSSI untuk kembali ke titik nol di tempat lahirnya PSSI,” ungkapnya.

Sebelumnya PSSI mengajukan surat permohonan rekomendasi kepada pemerintah untuk menyelenggarakan kongres  di Makassar melalui surat bernomor 557/UDN/286/VIII-2016. PSSI juga mengatakan, bahwa pemilihan Kota Makassar tidak bisa diganggu gugat, meskipun sempat mendapatkan penolakan dari beberapa anggota PSSI.

“Pada dasarnya kami menyambut gembira rencana penyelenggaraan Kongres PSSI pada tanggal 17 Oktober, dengan harapan bahwa Kongres PSSI tersebut dapat berlangsung sesuai intruksi Bapak Presiden Joko Widodo agar reformasi persepakbolaan Indonesia bersifat total dan komprehensif,” demikian bunyi surat balasan pemerintah melalui Kemenpora.

BACA JUGA :   Spektakuler! Asian Games 2018 Resmi Bergulir

“Namun demikian, searah dengan harapan pemerintah tersebut, rekomendasi hanya akan diberikan seandainya pelaksanaan kongres PSSI tersebut diselenggarakan di Yogyakarta, dengan alasan sebagai wujud reformasi PSSI untuk kembali ke titik nol mengingat Yogyakarta adalah tempat lahirnya PSSI.”

“Penunjukan Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Kongres merupakan momentum reformasi total persepakbolaan nasional Indonesia dengan memperhatikan Undang-undang No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional beserta peraturan pelaksanaanya.”

(Visited 490 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid