Offside.co.id

PSSI Sudah Surati FIFA Soal Pergantian Lima Pemain

Selasa 11 April 2017 10:48 WIB

Offside.co.id – PSSI akhirnya bersikukuh untuk mempertahankan pergantian lima pemain di kompetisi Liga 1 2017. Bahkan PSSI telah berkirim surat kepada FIFA terkait kebijakan baru tersebut.

“Kami sudah menulis surat kepada FIFA dan secara umum menjelaskan tujuan lima pergantian pemain itu adalah untuk mendongkrak jumlah pemain,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Pria yang juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI ini memberikan alasan, kebijakan itu diterapkan agar proses regenerasi pesepak bola Tanah Air bisa berjalan dengan lancar.

Sejatinya, kebijakan pergantian lima pemain ini tak lepas dari diwajibkannya klub peserta Liga 1 mengontrak lima pemain U-23 dan harus memainkan tiga diantaranya pada 45 menit babak pertama.

“Karena itulah kami menambah kuota per-tim menjadi 20 pesepak bola, jadi cadangannya lebih banyak,” ujar Edy lagi.

BACA JUGA :   Chelsea dan Atletico Sepakati Transfer Diego Costa

Hal senada disampaikan wakil ketua umum PSSI, Djoko Driyono. Pria asal Ngawi ini menjelaskan, pergantian lima pemain diterapkan agar klub peserta Liga 1 bisa berkompetisi dengan baik.

“Jadi misalnya, di pertandingan, sebuah tim menurunkan empat pemain asingnya sesuai aturan, yaitu dua non-Asia, satu Asia dan satu marquee player. Jumlah itu menjadi lima orang ditambah penjaga gawang, kemudian ditambah lagi tiga pemain U-23. Artinya tim tersebut hanya memiliki tiga tempat kosong yang diperebutkan pemain terbaik. Kalau cuma tiga kali pergantian akan sulit,” kata Djoko dilansir dari Antara.

Djoko berkilah, kebijakan pergantian lima pemain tidak akan menimbulkan masalah dari FIFA. Pasalnya, menurutnya, FIFA juga tidak mempermasalahkan penerapan kebijakan yang diatur dalam Laws of The Game seperti water break selama tiga menit.

BACA JUGA :   Catat Nilai Sempurna, Timnas U-16 Lolos ke Piala AFC

Kendati tidak diatur dalam Laws of The Game, water break sudah lazim diterapkan di beberapa kompetisi sepak bola yang memiliki iklim tropis, agar kesehatan pemain tetap terjaga.

“Artinya, FIFA tidak tertutup terhadap inovasi. PSSI meminta lima pergantian pemain dengan alasan yang jelas, tidak asal-asal. Secara informal FIFA pun menilai kebijakan tersebut tidak sekadar Laws of The Game tetapi juga tentang pengembangan sepak bola,” tutur Djoko lagi. (BM)

(Visited 47 times, 12 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid