Offside.co.id

Sambut Kompetisi 2017, PSSI Kurangi Kuota Pemain Asing

Minggu 8 Januari 2017 08:04 WIB

Offside.co.id – Peraturan baru tentang kriteria pemain yang boleh diturunkan klub dalam berbagai strata kompetisi di Indonesia bakal diterapkan PSSI di bawah ketua umum baru Edy Rahmayadi. Salah satunya adalah peraturan mengenai batasan pemain asing di klub-klub peserta liga super Indonesia.

Informasi yang diperoleh Offside.co.id dari arena Kongres PSSI di Bandung, menyebutkan kuota pemain asing yang boleh berkiprah di klub-klub Indonesia akan dibatasi. Jika sebelumnya klub boleh mengontrak empat pemain asing, maka tahun ini akan dikurangi menjadi tiga pemain asing saja yakni, dua pemain non Asia dan satu pemain Asia.

BACA JUGA :   Jadi Provokator Keributan Liga China, Oscar Dihukum

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi sendiri menyatakan bahwa penerapan pengurangan kuota pemain asing ini akan segera ditetapkan dan diberlakukan pada kompetisi musim baru 2017. Menurut rencana kompetisi musim 2017 akan bergulir pada Maret mendatang.

Penggunaan pemain asing hanya diberlakukan bagi klub-klub anggota liga super, sedangkan klub Divisi Utama tetap tidak dipekenankan memakai tenaga pemain asing. Bahkan khusus untuk klub Divisi Utama, PSSI akan mewajibkan seluruh klub memainkan sedikitnya lima pemain yang berusia 25 tahun. Sementara untuk klub anggota Liga Nusantara diperuntukan bagi pemain berusia 21 tahun.

Gusti Randa, salah seorang anggota Exco PSSI yang ditemui Offside.co.id di arena kongres menjelaskan, pemain-pemain Indonesia dan juga pemain-pemain muda harus mendapat kesempatan bermain dalam kompetisi.

BACA JUGA :   Barcelona Dapatkan Lucas Lima dari Santos

Soal keharusan klub-klub Divisi Utama memainkan lima pemain berusia 25 tahun misalnya, hal itu juga dimaksudkan agar persaingan kompetisi di strata kedua ini lebih semarak. “Selain itu juga layak jual dan dapat menjadi tontonan yang menarik yang kelasnya tidak kalah dengan strata di atasnya,” jelas Gusti.

 

 

 

(Visited 555 times, 10 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo