Offside.co.id

Timnas U-19 Alami Kekalahan di Laga Perdana

Senin 12 September 2016 19:16 WIB

Offside.co.id – Kekalahan dialami tim nasional Indonesia U-19 pada laga perdana Piala AFF U-19. Tim asuhan pelatih Eduard Tjong ini takluk 2-3 dari Myanmar di Stadion Hang Day, Senin (12/9). Saling berbalas gol terjadi pada laga ini, sebelum blunder kiper pengganti akhirnya membuat Indonesia alami kekalahan.

Dua gol Myanmar terjadi akibat lengahnya lini pertahanan Indonesia. Gol pertama Myanmar oleh Aung Kaung dengan cerdik menyontek bola dengan tumit dan gagal diantisipasi oleh kiper Indonesia, Muhammad Riyandi.

Indonesia berhasil menyamakan skor melalui Fandi Lestaluhu berselang enam menit dari gol pertama Myanmar. Namun sang tuan rumah kembali membuat keunggulan dengan gol keduanya pada menit 27 karena lengahnya lini pertahanan Indonesia.

Indonesia berhasil menutup babak pertama dengan skor imbang 2-2 melalui tendangan Sandi Pratama dengan memanfaatkan bola rebound.

BACA JUGA :   Kolarov Antar Kemenangan Serbia

Memasuki babak kedua, Indonesia lebih tampil menyerang. Peluang emas diperoleh Dimas Drajat namun gagal menaklukkan kiper Myanmar. Meski mendominasi penguasaan bola, Indonesia kesulitan menjebol gawang Myanmar.

Petaka bagi Indonesia terjadi pada menit 55 setelah kiper pengganti, Satriatama melakukan blunder. Bola tendangan Shwe Ko yang telah berhasil ditangkapnya terlepas dan masuk ke gawang sendiri. Skor 3-2 untuk Myanmar bertahan hingga laga usai.

Usai laga, pelatih Eduard Tjong mengaku puas dengan permainan anak asuhnya. Menurutya, timnya masih ada peluang untuk lolos ke babak selanjutnya.

“Saya puas dengan permainan anak-anak. Babak kedua kita bisa menciptakan banyak peluang. Sore ini anak-anak cukup percaya diri menampilkan kecepatan dan fighting spirit. Kita masih ada peluang. Masih ada empat laga sisa, dan kita harus lebih fokus,” kata Edu, sapaan akrabnya.

BACA JUGA :   Tahan Brasil, Swiss Ingin Pengakuan Lebih

Laga selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Thailand pada Rabu (14/9) di Stadion Hang Day. Mantan pelatih PS TNI dan Persela Lamongan ini sangat optimis timnya bisa menaklukkan Thailand.

“Selanjutnya lawan Thailand, kita tahu mereka lawan yang berat tapi kita harus optimis bisa. Kita akan koreksi pertahanan. Dan blunder Satria menurut saya hal manusiawi, karena kiper sekelas Dino Zoff juga pernah melakukan blunder,” sambung Edu.

Pada Piala AFF U-19 kali ini, Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Laos, Myanmar, Australia dan Kamboja.

(Visited 762 times, 4 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid