Offside.co.id

Resmi Dibubarkan, BOPI Tolak Terima Anggota Tim Transisi

Selasa 17 Mei 2016 11:24 WIB

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan Tim Transisi yang dibentuk untuk menggantikan peran PSSI sudah dibubarkan. Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Gatot menyatakan, masa tugas Tim Transisi sudah selesai, seiring dicabutnya pembekuan PSSI oleh Menpora Imam Nahrawi, beberapa hari yang lalu. Tim Transisi menjalankan berbagai tugas yang sebelumnya dilakukan oleh PSSI, mulai dari memastikan kompetisi di Tanah Air berjalan, hingga membenahi tata kelola sepakbola Indonesia menjadi lebih baik.

“Siang tadi saya sudah bertemu dengan beberapa anggota Tim Transisi di salah satu tempat di Jakarta,” kata Gatot saat jumpa pers usai bertemu dengan 11 nominator desainer maskot Asian Games 2018 di kantor Kemenpora, Senin (16/5).

BACA JUGA :   Murphi: Sekjen PSSI Bisa Dijemput Paksa

Sementara itu Kemenpora berencana untuk memindahkan anggota Tim Transisi ke Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Namun, rencana itu mendapat reaksi cukup keras.

Sekretaris Jenderal BOPI Heru Nugroho menyatakan badan verifikasi keolahragaan tersebut tak butuh personil tambahan untuk menjalankan fungsinya. Dia mengatakan, saat ini BOPI sudah cukup anggota untuk melingkupi tugasnya di seluruh cabang olahraga (cabor) profesional yang ada di Indonesia.

BACA JUGA :   Kejar Zona Champions, Roma di Ujung Tanduk

“Kami belum dengar rencana itu. Tapi kami nggak butuh anggota baru. Sudah penuh,” ujar dia.

Tim Transisi resmi bubar usai Menpora Imam Nahrawi mengundangkan SK 14/2016 tentang pencabutan SK 01307/2015 terkait pembekuan federasi sepakbola nasional. Namun sampai hari ini, Imam tak pernah mau mengucapkan tentang pembubaran tersebut.

Justru, menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu merencanakan untuk memindahkan keanggotaan tim bikinannya itu ke BOPI. (BM)

(Visited 45 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid