Offside.co.id

SFC Jamu Mitra Kukar, Penentuan Nasib Lessa

Rabu 7 Juni 2017 09:34 WIB

Offside.co.id – Keberadaan pelatih Sriwijaya FC (SFC) Oswaldo Lessa Filho sepertinya kian terdesak menyusul hasil buruk yang dicatat tim asuhannya pada sejumlah pertandingan yang dimainkan SFC dalam Gojek Traveloka Liga 1.

Desakan mundur kepada pelatih asal Brasil ini pun kian kencang. Namun demikian, Lessa tak terlalu memikirkannya. Dia menanggapi desakan itu dengan santai. Padahal SFC hanya meraih satu poin dari dua pertandingan terakhirnya. Ditahan Madura United tanpa gol di Jakabaring dan dikalahkan Persela 1-2 di Surajaya, Lamongan.

“Tentunya saya tahu keadaan ini. Tapi bagi saya setiap laga itu final, artinya akan lebih baik jika saya fokus pada laga di depan mata,” kata Lessa seperti dilansir Antara.

Prestasi Sriwijaya FC pada kompetisi Liga 1 2017 terbilang kurang memuaskan hingga memasuki pekan ke-9. Dari 9 pertandingan, mereka hanya menang tiga kali, dua kali seri, dan empat kali kalah. Satu kekalahan menyakitkan justru terjadi di kandang sendiri yakni saat menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dengan skor 1-2.

Sriwijaya FC berada di peringkat ke-12 klasemen sementara dengan 11 poin, tertinggal sembilan poin dengan pemimpin klasemen sementara, PSM Makassar. Sejak menjalani pertandingan musim ini Sriwijaya FC tercatat hanya satu kali mencicipi posisi empat besar, setelah itu terus merosot.

BACA JUGA :   PSG Menang Lagi, Neymar dan Cavani Berbagi Gol

Capaian ini merupakan yang terburuk bagi SFC dalam tiga tahun terakhir. Tahun lalu, Sriwijaya yang tampil di kompetisi Torabica Soccer Championship 2016 berhasil finis di peringkat keempat.

Menanggapi kondisi ini, Presiden Klub Dodi Reza menjanjikan akan mengevaluasi kerja tim, termasuk jajaran pelatih. Pernyataan ini langsung dilansir Dodi setelah ramainya tagar #lessaout di media sosial setelah Sriwijaya FC kalah oleh Persela.

“Tentunya kami akan mengevaluasi, saya harap tim tetap fokus,” kata dia.

Manajemen Sriwijaya FC akan mengambil tindakan untuk mengganti posisi pelatih Osvaldo Lessa Filho jika klub menelan kekalahan atau seri dalam pertandingan melawan Mitra Kukar di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Rabu (7/6).

Lessa mulai mengarsiteki tim pada satu pekan menjelang Gojek Traveloka Liga 1 menggantikan posisi pelatih Widodo Cahyono Putro. Secara tiba-tiba manajemen klub, PT Sriwijaya Optimistis Mandiri memecat Widodo yang kala itu sedang membawa tim melakoni uji coba di sejumlah klub di Jawa dan Lampung.

Dodi Reza memaparkan alasan menggantikan pelatih pada masa injury time itu demi kebutuhan tim yang menargetkan juara pada musim ini.

BACA JUGA :   Kiper Lawan Bikin Blunder, MU Pun Menang

Pilihan pun jatuh pada Oswaldo Lessa yang dianggap cukup mumpuni karena telah berpengalaman di Liga Indonesia dengan menjadi asisten pelatih Persipura Jayapura, selain itu juga memegang lisensi A AFC. Namun satu catatan ketika itu, yakni Lessa tidak boleh banyak merombak komposisi pemain racikan Widodo C Putro.

Setelah memegang kendali sebagai pelatih kepala, praktis tidak banyak yang dilakukan Lessa. Ia hanya mendatangkan dua pelatih asal Brasil untuk membantunya dalam meningkatkan performa fisik pemain.

Sementara pada saat itu, kondisi tim juga tidak dapat disebut prima karena ada tiga pemain yang mengalami cedera, yakni Ichsan Kurniawan (gelandang), Bio Paulin (pemain belakang) dan Ahmad Maulana (pemain belakang).

Tambahan pemain dilakukan hanya pada sektor gelandang dengan merekrut marquee player Tijani Belaid (28) asal Tunisia, yang sempat merumput di Inter Milan dan hanya diturunkan pada satu pertandingan. Tijani sendiri baru bergabung pada laga keempat tim. (KS)

(Visited 45 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo