Offside.co.id

Status Pemutihan Tujuh Klub, Tergantung Kongres

Kamis 8 September 2016 09:13 WIB

Offside.co.id – Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Selasa (6/9) lalu memutuskan tujuh klub telah disetujui akan diputihkan alias diterima kembali status keanggotaannya. Ketujuh klub tersebut adalah Persebaya Surabaya, Arema Indonesia, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, Lampung FC, Persipasi Bekasi dan Persewangi Banyuwangi.

Sekjen PSSI, Azwan Karim status akhir nasib ketujuh klub tersebut, tergantung pada hasil Kongres Biasa pada 17 Oktober 2016 mendatang. “Hal tersebut tergantung hasil pembahasan yang akan dilaksanakan ketika Kongres 17 Okteober di Makassar dan itu juga ditentukan bagaimana pemilik suara yang memiliki hak memutuskan,” kata Azwan Karim.

Seperti diketahui, ketujuh klub tersebut dicoret dari keanggotaan PSSI karena mereka dianggap mengikuti kompetisi illegal. Itu terjadi pada 2013 lalu. Tepatnya, ketika terjadi dualisme kompetisi sepak bola di Indonesia yaitu ISL dan IPL. Ketika itu, kompetisi yang diakui oleh FIFA adalah ISL, namun klub-klub tersebut memutuskan untuk bermain di IPL, sehingga status mereka dibekukan oleh PSSI.

“Kami akan terbitkan surat untuk ketujuh klub itu agar hadir di Kongres Pemilihan, untuk dibahas dan dijelaskan ke para pemilik suara situasi para klub tersebut. Intinya sesuai statuta yang ada dan kenapa ditentukan di divisi utama karena mereka pernah main di liga teratas,” tambah Azwan.

(Visited 661 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni