Offside.co.id

Tak Ada Dana, Persipura Membubarkan Diri

Kamis 11 Februari 2016 18:02 WIB

Persipura Jayapura selama ini dikenal sebagai salah satu klub sepakbola terkaya di Indonesia. Dukungan dari PT Freeport Indonesia dan Bank Papua memang sangat memanjakan tim berjuluk Mutiara Hitam itu. Siapa sangka, tim yang empat kali menjuarai liga Indonesia itu kini kesulitan finansial dan akhirnya memilih membubarkan diri.

Keputusan itu memang begitu mendadak. Boaz Solossa dan kawan-kawan, pada Selasa (9/2) masih menjalani latihan di bawah pelatih Osvaldo Lessa di Stadion Mandala, Jayapura.

Namun kemarin, manajemen Persipura mengumumkan mundur dari semua turnamen. Program latihan juga dihentikan. Para pemain juga dibebaskan menentukan nasibnya sendiri.

BACA JUGA :   Ronaldo Cetak Dua Gol, Real Madrid Lolos

“Kami sudah berbicara dengan pemain dan pelatih. Mereka sudah kami rumahkan. Kalau untuk pemain asing, ya kami pulangkan ke negara mereka,” kata Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano, Kamis (11/2) dikutip dari JPNN.

Menurut Tommy, pihaknya tidak memiliki cukup dana untuk persiapan dan berlaga di sejumlah turnamen. Beberapa turnamen yang ada di depan mata adalah Piala Gubernur Kalimantan Timur, Piala Bhayangkara, dan Piala Wali Kota Padang.

Persipura, lanjut Tommy, baru akan membentuk tim jika sudah ada kejelasan kompetisi musim baru nanti. Mano optimis bila sudah ada kepastian tentang kompetisi, pihaknya akan lebih mudah mencari sponsor.

BACA JUGA :   Jelang Lawan Barca, Allegri Bela Dybala

Saat ini, Persipura baru mendapat kepastian dari satu sponsor, yaitu Bank Papua. Nominalnya tidak besar untuk ukuran tim sepak bola profesional, hanya Rp 2,5 Miliar.

CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono merasa prihatin dengan kondisi yang menimpa Persipura. Pria asal Ngawi, Jawa Timur, itu meminta Persipura tetap menyiapkan diri menghadapi kompetisi Indonesia Super Competition 2016 yang kemungkinan besar dilaksanakan April mendatang.

“Persipura harus menjadi bagian dari ISC nanti,” kata Joko.

(Visited 48 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid

You must be logged in to post a comment Login