Offside.co.id

Tak Ada Dana, Timnas Putri Batal ke Piala AFF

Jumat 5 April 2019 22:14 WIB

Offside.co.id – Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Gusti Randa mengakui bahwa kendala anggaran menjadi alasan di balik mundurnya tim nasional U-15 putri Indonesia dari Piala AFF Putri U-15 2019.

“Memang kami mempunyai kendala yang tidak lain tidak bukan adalah kami kekurangan dana. Mungkin tahun depan timnas U-15 putri kami berangkatkan ke turnamen itu,” ujar Gusti di Jakarta, Jumat.

Seperti dilansir Antaranews, meski demikian, Gusti menolak anggapan bahwa PSSI saat ini dalam kondisi tidak memiliki uang untuk menjalankan program-program organisasi.

PSSI, dia melanjutkan, hanya tidak mempunyai simpanan yang cukup untuk mengirimkan tim nasional ke turnamen-turnamen yang sifatnya dadakan.

BACA JUGA :   Chile Gunduli Jepang

Turnamen dadakan didefinisikannya sebagai turnamen yang tidak masuk dalam agenda PSSI yang disahkan saat kongres tahunan PSSI. Piala AFF Putri U-15 2019 termasuk dalam kategori tersebut.

“Piala AFF Putri U-15 2019 ini dadakan. Untuk sepak bola putri kami mempersiapkan liga dan kualifikasi Olimpiade 2020,” kata Gusti.

PSSI memutuskan untuk mengundurkan diri dari turnamen Piala AFF U-15 Putri 2019 yang digelar di Chonburi, Thailand, pada 9-21 Mei 2019.

PSSI, dalam keterangan resminya pada Jumat (5/4), menyebut bahwa mereka saat ini fokus mempersiapkan Liga 1 Putri Indonesia yang rencananya bergulir pada September 2019.

BACA JUGA :   Kejutan, Qatar Buyarkan Pesta Paraguay

Dengan mundurnya Indonesia, maka Grup A Piala AFF Putri U-15 menyisakan empat negara yaitu Myanmar, Vietnam, Filipina dan Timor Leste.

Sementara Grup B ada tuan rumah Thailand, Laos, Malaysia, Singapura dan Kamboja.

Absennya Indonesia di Piala AFF U-15 Putri 2019 menjadi yang pertama sejak turnamen itu berlangsung tahun 2009. Prestasi terbaik Indonesia di turnamen tersebut adalah berlaga di penyisihan grup.

Keterangan Foto:  Timnas U-15 Putri (foto: pssi.org)

(Visited 7 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply