Offside.co.id

Tiga Klub Liga 1 Ini Berhak Tampil di Antarklub Asia

Sabtu 2 Desember 2017 18:45 WIB

Offside.co.id – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menetapkan tiga klub Indonesia yang dapat berkompetisi di persaingan antarklub Asia tahun 2018. Ketiga klub tersebut adalah Bali United, Persija Jakarta, dan Madura United.

Ketiganya sudah memiliki lisensi klub AFC, meskipun mereka tercatat sebagai klub yang menjuarai Gojek Traveloka Liga 1 2017. Juara Liga 1 sendiri diraih klub anyar, Bhayangkara FC. Namun sebagai kampiun Liga 1 mereka tidak dapat mengikuti kompetisi di Asia musim 2018 karena tidak lolos verifikasi lisensi klub profesional. Hal sama juga dialami PSM Makassar.

“Ketiga tim itu dipilih karena memiliki klub Lisensi AFC. Jadi, mereka yang berhak bermain di level Asia,” kata Chief Operating Officer (COO) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigorshalom Boboy.

Bali United juga sudah mendapatkan jadwal pasti di kualifikasi play-off Liga Champion Asia 2018. Pertama “Serdadu Tridatu” akan menghadapi tim asal Singapura, Tampines Rovers. Pertandingan itu akan digelar di Stadion I Wayan Dipta pada 16 Januari 2018. Bila Bali United menang maka akan bertemu Chiangrai United, wakil dari Thailand di tanggal 23 Januari 2018.

Sementara pemenang di play off kedua, akan bertemu Shanghai SIPG, tim yang pernah diasuh Andre Villas Boas. Pertandingan tersebut akan digelar tanggal 30 Januari 2018.

Bila Bali United sukses menaklukkan ketiga klub tersebut, mereka berhak mendapatkan tempat di fase grup Liga Champion Asia 2018.

“Kami tentu sudah menyiapkan segala sesuatunya jelang pertandingan play-off pertama melawan Tampines Rovers. Tim akan kembali berkumpul hari Senin nanti untuk menjalani sesi latihan sebagai persiapan menghadapi pertandingan tersebut. Mengenai kekuatan lawan, akan ada diskusi lebih lanjut dengan tim pelatih lainnya sambil menunggu pemain baru bergabung,” ujar Widodo Cahyono Putro, juru tak-tik Bali United seperti dilansir laman resmi klub.

 

Sementara bila Bali United tidak berhasil menaklukkan tiga klub tersebut, Serdadu Tridatu akan berlaga di Piala AFC dan menggeser Madura United yang berposisi stand by di Piala AFC. Sedangkan Persija sudah dipastikan berkompetisi di ajang Piala AFC.

“Kami berharap mereka bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa bersaing dengan tim-tim lain di luar sana,” tutup Tigor seperti dilansir laman Afcsport.com. (ARDI/KS)

(Visited 587 times, 4 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo