Offside.co.id

Tiga Siswa SSB Bina Taruna Siap Berlatih di FC Tokyo

Minggu 12 Maret 2017 00:25 WIB

Offside.co.id  – Tiga pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Bina Taruna bersiap menjalani program pelatihan di klub anggota Liga Jepang (J League) FC Tokyo. Ketiganya akan berada di pusat pelatihan itu selama sepekan.

“Ini bisa menjadi role-model dari program pembinaan pemain usia muda di Indonesia,” ungkap Pembina SSB Bina Taruna, GH Sutejo di Jakarta, Minggu.

“Ini baru pertama kalinya klub anggota J-League menjalin kerjasama dengan Bina Taruna Football Academy. Saya yakin akan banyak manfaatya untuk pembinaan pemain kita,” jelas Sutejo yang juga Ketua Pengcab PSSI Jakarta Timur ini.

Kerjasama antara SSB Bina Taruna dengan FC Tokyo dimulai dengan pengiriman tiga pemain dari SSB Bina Taruna ke klub yang bermarkas di ibukota Jepang itu. Ketiga pemain itu adalah, Lutfi Kamal, Yuswanto Aditya dan Dava Aldiansyah. Mereka akan bertolak ke Tokyo Minggu (12/3) malam.

Ketiganya akan berlatih di Tokyo selama sepekan dan akan berlangsung hingga 31 Mei 2018. Dari program kerjasama yang disepakati nantinya juga ada pertandingan persahabatan antara kedua akademi sepakbola.

“Mudah-mudahan program kerjasama ini bisa diikuti oleh SSB yang lain untuk meningkatkan kualitas pendidikannya,” ujar Sutejo.

SSB Bina Taruna sendiri sebagai Sekolah Bola sudah malang melintang mengikuti event- event internasional. Bahkan pada tahun 2014 SSB Bina Taruna mampu meraih gelar juara di Junior Soccer School League Singapura (JSSL) U-11.
Kejuaraan diikuti oleh SSB dari berbagai negara Asia seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Jepang, India, Myanmar, Korea Selatan, Srilanka dan Vietnam. Dari Indonesia sendiri selain SSB Bina Taruna, juga tampil tim Redboy (Cibubur).

“Untuk sementara mereka akan berada di Tokyo selama satu minggu, akan tetapi bisa saja pada pengiriman pemain selanjutnya waktunya ditambah,” kata perwakilan FC Tokyo saat menyampaikan keterangan persnya bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Bea & Cukai, Heru Pambudi dan pelatih timnas U-19, Indra Sjafrie di aula Stadion Sepakbola Bea & Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur.

“Kami tentu sangat senang dengan program kerjasama pertukaran pemain ini. Kami akan terus memberikan dukungan pada SSB Bina Taruna. Ini sudah jadi komitmen kami,” kata Heru Pambudi. (KS)

(Visited 112 times, 7 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo