Offside.co.id

Tim PON Sumbar, Akan Ujicoba Versus Timnas U-19

Rabu 3 Agustus 2016 08:24 WIB

Offside.co.id – Langkah awal untuk mempersiapkan Tim Sepakbola Sumbar ke PON XX tahun 2020 telah dimulai oleh Spartan Enterprise, iven organizer yang sebelumnya juga telah menggelar Turnamen Sepakbola antar Kecamatan se Sumbar pada Maret – hingga Mei 2016 lalu. Sebanyak 157 pemain usia 17-19 yang terpilih melalui turnamen Irman Gusman Cup, selama 29-31 Juli lalu telah mengikuti seleksi lanjutan di Lapangan FIK-UNP Lubuk Buaya Padang.

Pada seleksi yang berada di bawah tanggung jawab  Joni Effendi mantan pelatih PSP Padang serta dipimpin oleh Emral Abus, Instruktur Pelatih FIFA yang memang putra Sumatera Barat, sebanyak 46 pemain terpilih untuk menjalani program pembinaan jangka panjang. Salah satu program yang telah dirancang adalah bakal mempertemukan para pemain tersebut dengan Timnas U-19 PSSI.

Rencana berujicoba dengan Timnas U-19 itu diungkapkan CEO Spartan Enterprise Tria Suprajeni saat menyaksikan para pemain mengikuti seleksi tersebut pada hari Sabtu dan Minggu (31/7) lalu. Menurut pria yang akrab dengan panggilan Ola ini, rencana tersebut awalnya merupakan usulan dari Emral Abus yang memang dikenal dekat dengan Eduard Tjong pelatih Timnas U-19. Rencana itu kemudian disepakati para eksekutif Spartan Enterprise dan meminta agar Uncu – panggilan akrab Emral Abus – untuk memfasilitasi terlaksananya rencana ujicoba tersebut.

““Saya tentu akan bicarakan dulu hal dengan Edu (panggilan akrab Eduard Tjong). Saya melihat besar kemungkinan Edu bersedia untuk itu. Cuma kapan waktunya yang tepat, tentu kita persilahkan Edu yang menentukan. Kita  pasti juga tidak ingin merusak program mereka,”” ujar Emral Abus.

“Menjawab kemungkinan adanya di antara 46 pemain hasil seleksi itu terpantau dan diambil Timnas U-19 baik Emral maupun Ola justru tidak menolaknya. “Meski di awal kita memang berharap pemain ini untuk persiapan Tim Sumbar ke PON 2020, namun bagaimana pun tujuan akhir dari program yang kita buat adalah untuk Indonesia juga. Karena itu jika ada pemain kita yang terpilih masuk Timnas U-19, tentu kita tidak akan menolak. Walaupun di sisi lain kita berharap pemain tersebut, tetap masuk dalam program jangka panjang pembinaan yang kita laksanakan yakni persiapan tim Sumbar ke PON XX,”” ujar Ola.

Rencana berujicoba dengan Timnas U-19 itu ketika disampaikan kepada para pemain yang ikut seleksi ternyata membuat motivasi para pemain meningkat drastis. Meskipun mereka berasal dari 18 Kabupaten Kota yang tempatnya ada yang cukup jauh dari kota Padang, namun para pemain tetap bersemangat. Berbagai tahapan seleksi seperti game, uji kebersamaan, uji fisik, psycho test dan terakhir Yoyo Test, sebagian besar berhasil mereka lahap dengan semangat.

“”Jujur saya salut dengan mereka. Meski ada yang datang dari daerah yang berjarak sekitar 250 Km dari Kota Padang, namun selama tiga hari seleksi, mereka tidak pernah mengeluh. Bahkan semangat mereka sangat luar biasa. Moga-moga saja apa yang menjadi mimpi kita untuk prestasi sepakbola Sumbar di PON XX nanti bisa tercapai,”” ujar Joni Effendi, yang diamini sejumlah pelatih anggota tim seleksi seperti Alex Alda Yudi, Arjoni Mulya, Tommy Pranata, King Prima, Ridho Bahtra dan Zulmaidi Ben.

(Visited 641 times, 4 visits today)
Editor: Hanif Marjuni