Offside.co.id

Vietnam Memang OK, Saatnya Indonesia Bikin KO!

Selasa 22 Agustus 2017 10:07 WIB

Offside.co.id – Setelah meladeni Thailand di partai perdana, laga berat kembali bakal dilakoni Indonesia melawan Vietnam dalam pertandingan keempat Grup B sepakbola SEA Games 2017 di Municipal Council Stadium, Selayang, Malaysia, Selasa (22/8) malam ini.

Ya, laga berat, mengingat Vietnam adalah negara yang perkembangan pembagunan sepakbolanya terus memperlihatkan hasil sangat signifikan, khususnya di jajaran tim junior mereka. Patut dicatat, Vietnam baru saja tampil di putaran final Piala Dunia U-20 di Korea Selatan.

Walaupun gagal bersaing di babak penyisihan grup melawan Prancis, Selandia Baru, dan Honduras, setidaknya keberhasilan lolos ke putaran final adalah sebuah prestasi hebat yang mereka buat. Dan, di SEA Games 2017 ini Vietnam menyertakan sejumlah pemain eks Piala Dunia U-20.

Di persaingan Grup B SEA Games 2017 ini Vietnam mencatat hasil sempura. Tiga kali tampil, tiga kali menang, mengemas nilai 9. Catatan kemenangan yang dibuat tim asuhan Nguyen Huu Thang itu terbilang luar biasa. Memasukkan 12 gol, kemasukan 1 gol.

Dari catatan itu terekam bagaimana kuatnya lini penyerangan Vietnam, serta bagaimana solidnya lini pertahanan mereka. Tak heran jika Vietnam disebut-sebut sebagai tim yang paling berpeluang merebut satu dari dua tiket ke semifinal dari grup B. Bahkan, favorit merebut medali emas sepakbola.

BACA JUGA :   Tekuk Kolombia, Jepang Catat Sejarah Baru

Menyimak sepak terjang Vietnam yang mengawali persaingannya di grup B dengan menggasak Timor Leste 4-0, Kamboja 4-1, dan Filipina 4-0, tak heran jika tim ini menjadi ancaman serius kedua bagi Indonesia, setelah Thailand. Bahkan, kekuatan Vietnam lebih dahsyat dibandingkan Thailand yang ditahan Indonesia 1-1 di partai pertama.

(Foto: Zureehan Zakaria/MASOC)

Indonesia memang sudah sewajarnya mewasdapai eksistensi Vietnam di arena SEA Games 2017 ini. Di tengah penampilan Indonesia yang masih turun naik, timnas harus menghadapi pertarungan berat yang hasilnya akan menjadi sangat menentukan langkah berikutnya.

Bukan apa-apa, dalam persaingan grup B hari ini, pesaing kuat Indonesia lainnya yakni, Thailand, akan melakoni laga yang terbilang ringan melawan Filipina. Thailand memiliki nilai yang sama dengan Indonesia, 4. Nah, hari ini akan menjadi hari yang menentukan, apakah kita tetap berada di atas Thailand dalam klasemen sementara, atau malah ganti berada di bawah mereka.

BACA JUGA :   Inggris dan Belgia Rebut Tiga Poin

Buat Hansamu Yama Pranata dkk, yang paling penting saat ini adalah fokus pada kekuatan sendiri. Tak perlu hiraukan pertandingan tim lain. Biarkan saja Thailand memetik hasilnya sendiri atas Filipina, dan kita pun demikian.

Statistik yang dimiliki Vietnam memang jauh lebih baik dibandingkan Indonesia. Tapi, statistik hanyalah catatan pendukung keberadaan sebuah tim. Vietnam memang OK, tapi tidak berarti mereka tidak bisa dibikin KO. Vietnam bukanlah tim yang kemudian tidak bisa dikalahkan. Prestasi mereka memang lebih moncer dari kita, namun Vietnam bukanlah momok menakutkan yang tak bisa diatasi.

Saatnya Indonesia membuat Vietnam KO, jangan sebaliknya justru kita yang di KO dan mengikuti jejak Timor Leste, Kamboja, dan Filipina yang sudah merasakan kerasnya hantaman Vietnam.

Sanggupkah? Kita tunggu.

Selamat bertanding, Bravo Timnas!

 

(Visited 78 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo