Offside.co.id

Waketum PSSI Tegaskan Tak Mudah Urus ITC

Selasa 15 Agustus 2017 09:55 WIB

Offside.co.id – Wakil Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono akhirnya memberikan keterangan mengenai permasalahan International Transfer Certificate (ITC) striker anyar Persib Bandung, Ezechiel N’Douassel.

Masalah ini menjadi perbincangan setelah manajemen Arema FC melayangkan surat protes resmi kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga karena menganggap Persib memainkan pemain yang tidak sah ketika menahan imbang tim Singo Edan di Stadion Kanjuruhan, Malang,cSabtu (12/8).

Saat ini status Ezechiel N’Douassel seperti yang diterangkan di FIFA TMS (Transfer Matching System) masih tercatat sebagai pemain klub Hapoel Tel Aviv (Israel).

BACA JUGA :   Jerman Tumbang Setelah 36 Tahun

“ITC ini bukan sekadar urusan administrasi sepihak. Terbitnya tidak mudah karena menyangkut klub yang diperkuat pemain sebelumnya. Termasuk federasinya,” ujar Joko Driyono.

Karena melibatkan beberapa pihak, maka PSSI pernah membuat kebijakan tentang permasalahan ITC. “PSSI pernah menerbitkan policy, jika ITC sekali direquest maka posisi pemain yang bersangkutan dalam temporary approval (dalam batas waktu) satu bulan ITC tak terbit ada dua opsi. Pemain yang bersangkutan ditolak pengesahannnya atau dimohonkan ITC dari FIFA,” tambah Joko Driyono.

BACA JUGA :   Kolarov Antar Kemenangan Serbia

Sebelumnya manajemen Arema FC menyatakan mereka tidak mencari-cari kesalahan yang dilakukan Persib terkait keabsahan pemain barunya tersebut. Alasannya, karena foto FIFA TMS N’Douassel tersebar dan terlihat statusnya masih sebagai pemain Hapoel. Setelah mengetahui itulah Arema kemudian melayangkan surat protes. (VP)

 

(Visited 56 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo