Offside.co.id

“Kini PSSI Punya Kepala Staff”

Rabu 25 Januari 2017 17:18 WIB

Offside.co.id – Struktur kepengurusan PSSI masa bhakti 2016-2020 telah resmi dirilis. Ditetapkannya susunan personil yang akan bertugas sepanjang empat tahun ke depan itu berbarengan dengan rapat mengenai percepatan pembangunan sepakbola Indonesia yang dihelat Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri terkait di Istana Merdeka, Selasa (24/1).

Yang mengejutkan adalah struktur kepengurus PSSI di bawah komando Edy Rahmayadi kali ini terlihat sangat gemuk. Dari seluruh personil yang ada, termasuk 15 anggota Eksekutif Komite (Exco), total kepengurusan PSSI kali ini mencapai 132 orang. Jumlah ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kepengurusan PSSI periode sebelumnya (2011-2015)  yang berjumlah 102 orang, di luar anggota Exco.

Nah, jika kita bandingkan lagi dengan jumlah kepengurusan PSSI periode sebelumnya (2007-2011), yang hanya 53 personil, maka jumlah kepengurusan 2016-2020 adalah hampir tiga kali lipatnya.

BACA JUGA :   Persiba Buyarkan Ambisi Bali United

Adanya rangkap jabatan dari masing-masing anggota Exco menjadi hal yang biasa. Hal itu dimungkinkan mengingat jumlah Exco yang hanya 15 orang. Mau tak mau seorang anggota Exco haru mengisi dua jabatan di komite tetap. Satu posisi sebagai ketua, satunya lagi sebagai wakil. Mereka masing-masing dibantu oleh 3 orang anggota.

Yang mengejutkan dari struktur baru ini adalah adanya Kepala Staf yang dijabat oleh Iwan Budianto yang notabene merupakan wakil ketua umum. Selain Iwan, jabatan ketua umum juga disandang oleh Joko Driyono. Tidak jelas apa maksud dibuatnya jabatan Kepala Staf tersebut, karena dalam sejarah berdirinya PSSI, baru kali ini jabatan itu ada. Selain itu Kepala Staf juga tidak dikenal dalam Statuta PSSI.

BACA JUGA :   Madrid Bungkam Getafe, Suarez Selamatkan Barca

Kalau menilik latar belakang ketua umum yang berasal dari militer istilah Kepala Staf memang bukan hal baru. Kepala Staf di lingkungan militer sudah sangat familiar dan dikenal dengan sebutan Kasum atau Kepala Staf Umum.

Tugas Kasum dalam struktur militer secara garis besar adalah mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan Panglima. Namun demikian seorang Kasum tak punya wewenang komando. Apakah tugas dan wewenang yang diemban Iwan Budianto sebagai kepala staf akan seperti itu?

(Visited 885 times, 5 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo