Offside.co.id

7 Peraturan Baru FIFA, Bisa Tahu Warna CD Pesepakbola Wanita!

Rabu 18 Mei 2016 13:27 WIB

BADAN sepak bola tertinggi, FIFA, pada Senin (9/5) merilis 95 peraturan baru kepada para wartawan di Wembley (Inggris), yang akan efektif sejak 1 Juni 2016. Sebanyak 7 peraturan tampak agak ekstrim. Salah satunya, bisa memudahkan penonton mengetahui warna CD alias celana dalam pesepakbola wanita! Kok bisa? Mari mulai dari yang pertama:

1. Tipuan Tendangan Penalti

Gerakan tipuan (feinting) saat mengeksekusi tendangan penalti, kali ini tak akan bisa dilakukan eksekutor macam Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi lagi. Jika mereka melakukan selewat tanggal 1 Juni 2016, maka kartu kuning akan diberikan wasit. Bola selanjutnya diberikan kepada tim lawan, berupa tendangan bebas tidak langsung.

2. Perkelahian di Lorong

Kita sering mendengar istilah perkelahian pemain terjadi di lorong, baik di tengah waktu break, atau bahkan sebelum dan sesudah pertandingan. Ada yang dipicu dendam lama, saling ejek, atau kekesalan saat main yang belum terlampiaskan. Untuk kasus ini, wasit berhak memberikan kartu merah. Jika perkelahian di lorong terjadi sebelum kick-off, pemain bisa diganti. Jumlah satu tim tetap 11 orang.

3. Waktu Cedera

Pemain yang cedera akan mendapat perawatan tim medis dalam lapangan, tapi maksimal hanya 20 detik. Selama ini kita sering melihat pemain berlama-lama, baik karena cedera sungguhan, tapi tak sedikit yang hanya berniat mengulur waktu. Bisa untuk merusak ritme lawan, juga untuk mengambil nafas yang nyaris habis. Jadi, selepas 20 detik masih tergeletak, pemain harus diangkut ke tepi lapangan, menanti perawatan lebih lanjut.

BACA JUGA :   Fans Dynamo Kiev Rasis kepada Pemain Chelsea

4. Minum Air

Para pemain bisa minta break minum air dalam kondisi cuaca yang sangat panas. Peraturan ini akan diuji coba ketika laga percobaan timnas Inggris sebelum Euro 2016 dimulai. Dalam prakteknya, beberapa konfederasi dan federasi sudah melakukan hal itu, tak terkecuali di Indonesia. Penonton pun sudah lazim dengan istilah water break.

5. Arah Operan Kick Off

Ketika kick off, selama ini bola disentuh ke arah lapangan pertandingan milik lawan terlebih dulu. Kini peraturan baru membolehkan bola dioper ke arah mana saja, termasuk ke arah belakang. Jadi tidak perlu ada pemain satu tim yang berdiri di daerah lawan sebelum kick off.

6. Hentikan Bola dengan Tangan

BACA JUGA :   Gara-gara Selebrasi Ronaldo Terancam Sanksi

Dalam kondisi terpaksa, ada pemain (selain posisi kiper), yang mencoba menghentikan laju bola yang mengarah ke gawang dengan tangan. Hukuman pelanggaran teknis berupa handball seperti itu, dulu langsung kartu merah. Kini peraturan berubah lebih ringan, cukup kartu kuning.

7. Warna Celana Dalam

Warna CD alias celana dalam harus sama dengan celana seragam. Peraturan ini dirasa konyol, tapi FIFA berpendapat lain. Banyak klub atau timnas yang jersey-nya berwarna putih. Jika pemainnya memakai celana dalam merah atau gelap lain, bisa dibayangkan jika hujan turun, atau terguyur air. Ini cukup sensitif bagi pesepakbola wanita. Tak mau pilih kasih, aturan ini berlaku bagi semua. Celana luar dan celana dalam, wajib sewarna. Titik. Tak dijelaskan, apakah tiap mau bertanding wasit selalu memeriksa celana dalam semua pemain. Hm hm. (SN)

BERITA MENARIK LAINNYA :

Jerman Hadapi Piala Eropa Tanpa Marco Reus

Waduh! ISC A 2016 Terancam Molor Hingga Maret 2017

Dejan Pahami Kemarahan Bobotoh

(Visited 450 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid