Offside.co.id

Andi Peci, Pentolan Bonekmania: Kami tak Mau Dibawa ke Ranah Politik

Selasa 2 Agustus 2016 17:29 WIB

Gilabomedia.com – Ribuan Bonekmania meluruk ke Jakarta sejak Sabtu (31/7). Mereka datang berbondong-bondong dan berasal dari segala penjuru. Ada misi besar yang diusung oleh kelompok suporter Persebaya Surabaya tersebut. Apa sebenarnya yang mereka inginkan? Berikut wawancara Hanif Marjuni dari Offside.co.id dengan Andi Peci, Pentolan Bonekmania yang ditemui di Stadion Tugu, Jakarta Utara pada Selasa sore (2/8).

Berapa total Bonekmania yang datang hingga Selasa sore (2/8) di Stadion Tugu ini?

Ada sekitar 3000 an Bonekmania dari seluruh Indonesia. Sebagian besar dari Surabaya dan Jabodetabek.

Apa sebenarnya yang diinginkan Bonekmania?

“Ini merupakan rangkaian panjang kami. Juni 2013 kata dipaksa mati oleh PSSI. Kami berharap, kongres tanggal 3 Agustus 2016 besok, bisa menjadikan sarana yang tepat bahwa kami ingin menunjukkan kepada Presiden, Menpora bahwa persoalan sepak bola belum selesai. Terutama persoalan Persebaya. Di luar itu, kami ingin KLB September 2016 nanti, Persebaya punya suara.”

Bukankah ada agenda akan bertemu Menpora?

“Betul.Tadi kami batal bertemu karena Menpora ada agenda dengan Presiden. Beliau menyanggupi akan bertem kami. Kami tunggu sampai kapan pun. Menpora mau menjanjikan bertemu dan menyelesaikan masalah kami.”

Soal persoapan Persebaya, bukankah kelompok Anda sudah menjadi pemenang di pengadilan?

“Memang kami menang di pengadilan. Tapi itu belum cukup. Bayangkan,  kongres yang mewakili bukan kami, tapi Surabaya United. Bagimana pun juga bonek adalah bagian dari masyarakat Surabaya .Kami minta kembalikan Persebaya. Persebaya masih anggota PSSI, AFC dan FIFA. Kita tidak pernah mengundurkan diri. Ada pola sistemik untuk menghancurkan persebaya. Kami akan berjuang sampai kapan pun.”

(Visited 2.182 times, 6 visits today)
Editor: Hanif Marjuni