Offside.co.id

PSSI Harus Dibongkar!

Minggu 17 Februari 2019 09:57 WIB

Offside.co.id – PSSI harus secepatnya melakukan perubahan besar-besaran di jajaran pengurusnya. Menyusul telah ditetapkannya status tersangka terhadap Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, oleh Satgas Antimafia Bola akan berdampak tidak bagus pada perjalanan organisasi. Karena itu kesadaran para anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI sangat mutlak diperlukan dalam menghadapi situasi di organisasi sepakbola Indonesia itu.

“Exco punya wewenang untuk menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Kondisi di PSSI pasca terbongkarnya dugaan kasus pengaturan skor serta ditetapkannya Plt Ketua Umum sebagai tersangka sudah sangat menuntut adanya perubahan yang signifikan. Persoalannya ini jangan dianggap sepele,” kata Ronny Tanuwijaya, pendiri Asosiasi Pelatih Sepakbola Indonesia (APSI).

Lalu bagaimana menyikapi “turbulance” yang sedang melanda PSSI setelah mundurnya Edy Rahmayadi serta dua orang petinggi lainnya di PSSI telah berstatus tersangka (Johar Lin Eng dan Joko Driyono, red)?

Berikut petikan wawancara Offside.co.id dengan Ronny Tanuwijaya, sosok penggila dan pemerhati sepakbola yang juga mantan manajer tim Persijatim.

Plt Ketua Umum PSSI sudah ditetapkan sebagai tersangka, karena dugaan merusak barang bukti terkait penggeledahan oleh Polisi yang sedang menyelidiki kasus pengaturan skor, komentar Anda?

BACA JUGA :   Sterling Hattrick, Hudson-Odoi Debut

Tentu saja saya prihatin. Dengan ditetapkannya Pak Joko Driyono sebagai tersangka tentu akan membuat kondisi organisasi PSSI semakin pincang karena setelah ketua umum mundur Plt Ketua Umum diharapkan bisa mengendalikan roda organisasi.

Mencermati kondisi ini apa yang sebaiknya dilakukan PSSI?

Harus segera disikapi oleh pengurus lainnya. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Status tersangka yang disandang Plt Ketua Umum punya efek negatif bagi PSSI. Anggota Exco lainnya harus cepat mengambil sikap. Ini sudah sangat darurat.

Menurut Anda apa jalan terbaik yang harus ditempuh untuk memperbaiki PSSI?

PSSI harus dibongkar! Kasus pengaturan skor, kemudian mundurnya ketua umum, dan dijadikannya tersangka Plt Ketua Umum oleh polisi membutuhkan penanganan dan penyelesaian menyeluruh di tubuh PSSI. Kongres Luar Biasa (KLB) bisa secepatnya dilakukan. Pengurus PSSI harus cepat mengambil keputusan. Semua anggota PSSI juga jangan diam saja melihat kondisi yang semakin tak menentu ini. Hanya dengan KLB jalan terbaik menyelesaikan permasalahan yang tengah melanda PSSI. Harus ada penggantian menyeluruh di jajaran Exco PSSI, dan itu hanya dapat diwujudkan lewat KLB.

BACA JUGA :   Hasil Babak Kualifikasi Piala Eropa 2020

Sosok seperti apa yang pantas duduk di kepengurusan PSSI?

Harus orang yang profesional dan mengerti bagaimana menjalankan organisasi sepakbola. Jangan orang yang hanya ingin menjadikan PSSI sebagai tempat mencari keuntungan pribadi. Sebenarnya dengan terbongkarnya kasus pengaturan skor ini sudah jelas memperlihatkan bahwa masih ada oknum-oknum di kepengurusan PSSI yang hanya mencari keuntungan sendiri. Dia tidak memikirkan sepakbola Indonesia yang sampai sekarang masih terpuruk.

Harapan Anda?

Ke depan jangan ada lagi kasus seperti ini. Karena itu orang-orang yang duduk di PSSI haruslah mereka yang memiliki integritas, jujur, bersih, dan paham seluk beluk sepakbola. Jangan orang yang cuma mau cari makan sendiri dengan memanfaatkan kedudukannya di PSSI. (KS)

 

(Visited 20 times, 3 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo