Offside.co.id

Ronaldo: Bermain di Timnas adalah Soal Negara

Minggu 9 Juni 2019 11:33 WIB

Offside.co.id – Minggu atau Senin (10/06) dini hari WIB di Estadio do Dragao, Porto, bakal berlangsung duel bergengsi babak final UEFA Nations League antara Portugal melawan Belanda. Liga yang melibatkan tim nasional senior negara-negara Eropa yang baru pertama kalinya digelar ini telah berlangsung sejak September 2018.

Menjelang final sorotan mata pecinta sepakbola dunia kembali tertuju pada Cristiano Ronaldo, kapten Portugal sekaligus pemain terbaik dunia. Sosok Ronaldo diharapkan bisa membawa tim nasional negaranya mengukir sejarah baru di pentas sepakbola Eropa.

Lalu bagaimana persiapan mantan bintang lapangan Real Madrid yang kini bermain untuk Juventus itu menghadapi Belanda? Apa saja ambisinya, setelah dirinya sukses mencetak hattrick ke gawang Swiss di babak semifinal?

Berikut petikan wawancara eksklusif dengan Ronaldo seperti dilansir laman resmi uefa.com, yang dirangkum wartawan Offside.co.id, Kesit B Handoyo.

Cristiano Ronaldo (foto: uefa.com)

Tanya (T): Setelah berhasil mencetak tiga gol (hattrick) di semifinal, apa lagi yang ingin Anda lakukan?

Ronaldo (R): Ini adalah persiapan. Saya ingin menunjukkan hasil kerja saya untuk Portugal.

T: Bagaimana rasanya kembali ke tim nasional dan mencetak gol?

R: Tentu, bagi saya, bermain untuk tim nasional adalah sebuah kehormatan. Ini adalah negara saya, memakai kostum tim nasional adalah sebuah kehormatan besar. Pun demikian, menjadi bagian dari kompetisi ini adalah hal yang lebih istimewa. Sedangkan bisa mencetak gol ibarat sebuah buah chery di atas sebuah kue.

BACA JUGA :   Cavani: Langkah Penting Uruguay

T: Bagaimana Anda dapat memastikan diri untuk selalu menjadi yang terbaik, sementara di saat yang sama Anda juga berhadapan dengan usia Anda?

R: Saya masih merasa baik meskipun sudah berusia 34 tahun. Yang paling penting adalah bagaimana kita selalu merasa termotivasi dan gembira. Saya kira saya masih harus banyak memberi dan saya merasa diri saya masih sangat baik dan bisa melakukannya.

T: Portugal akan menghadap Belanda, menurut Anda?

R: Belanda adalah tim yang kuat dan luar biasa. Mereka bermain cukup baik. Saya telah menyaksikan penampilan mereka dalam pertandingan terakhirnya. Belanda memiliki skuat yang sangat baik dengan berisikan pemain-pemain hebat. Perpaduan antara pemain muda dan pemain berpengalaman. Itulah yang membuat Belanda menjadi lebih kuat. Belanda akan menjadi lawan yang cukup sulit dikalahkan. Namun, menurut saya, seperti itulah final. Belanda pun menganggap Portugal demikian.

Cristiano Ronaldo (foto: uefa.com/gettyimages)

T: Pertandingan ini akan menjadi final internasional ketiga buat Anda setelah Piala Eropa 2004 dan 2016, bagaimana rasanya?

BACA JUGA :   Da Silva Kembali ke Persebaya

R: Seperti saya katakan, ketika saya berseragam tim nasional, maka itu adalah kehormatan besar bagi saya. Perasaan itu tentu berbeda dengan saat saya menggunakan seragam klub. Bermain di tim nasional adalah soal negara. Negara kami. Saya dan keluarga saya adalah orang Portugal, demikian juga teman saya. Saya dibesarkan di Portugal, menjadi sangat istimewa bisa mengenakan kostum tim nasional. Jadi, jelas, kesempatan untuk memperjuangkan trofi membuatnya semakin istimewa, seperti ketika mengenakannya saat Piala Eropa 2004 dan 2016.

T: Mampukah Anda memberikan kemenangan untuk yang kedua? (Portugal finalis Piala Eropa 2004 dan 2016, meraih juara pada 2016)

R: Tiga kali final dengan sekarang ini tentu saya berharap dapat memenangkan dua dari tiga pertandingan itu. Akan sangat fantastis apabila bisa mempersembahkan gelar yang kedua. Ini adalah kesempatan kami, karena kami bermain di kandang sendiri. Saya berharap stadion akan menjadi luar biasa dan akan menjadi energi tambahan buat kami. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik. Bersama, kita bisa menjadi juara.

(Visited 8 times, 8 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply