Offside.co.id

Zulham Zamrun: Di Persib, Saya Kurang Dapat Suplai Bola

Kamis 20 Oktober 2016 10:00 WIB

Offside.co.id – Pergantian pelatih tak menggeser kans Zulham Zamrun di level timnas. Sejak 2011, striker berumur 28 tahun ini selalu dipanggil Merah Putih. Performa permainannya spun stabil. Kini ia tetap dipanggil pelatih Alfred Riedl untuk persiapan Piala AFF 2016. Namun sayangnya, ketajamannya di level klub tengah menukik. Bagaimana Zulham menanggapi semuanya? Berikut wawancara eks bomber Persiter Ternate ini dengan Restu Nugraha dari  Offside.co.id.

Anda sempat lama vakum lama karena cedera. Saat ini come back bersama Persib Bandung dan timnas. Bagaimana Anda meresponnya?

Ya bersukur bahwa saya sudah bisa kembali seperti ini lagi. Sekarang tinggal menjaga performa saya, terus berlatih dan kerja keras agar penampilan saya semakin meningkat, sehinggga saya bisa memberikan kontribusi buat Persib dan timnas.”

Usai cedera, biasanya lama untuk pulih. Namun Anda bisa sembuh lebih cepat dari perkiraan. Apa resepnya?

“Kalau itu tidak ada resep khusus. Cuma dari sisi mental saja saya persiapkan keinginan untuk bisa cepat sembuh dan bisa bermain lagi.”

BACA JUGA :   Liverpool Gunduli Maribor 7-0, Klopp Kaget

Banyak yang menyebut saat ini performa Anda di level klub tengah menurun, apa penyebabnya?

“Saat saya bermain di Piala Presiden lalu, lini tengah Persib bagus sehingga mampu mensuplai bola  dengan baik. Kalau sekarang beda, jadi lini tengah Maung Bandung banyak yang harus banyak dibenahi.”

Hal itu pula yang membuat penampilan Anda di timnas berbeda dengan klub saat ini?

“Maaf saja, bukannya saya mau menjelekkan, di Persib saya kurang mendapatkan suplai bola yang baik, sehingga saya kurang berkembang. Itu berbeda saat Piala Presiden lalu. Di timnas suplai  bola bagus karena lebih lengkap. Mudah-mudahan, kedepannya Persib semakin baik.

Persib tanpa Anda Yanto Basna karena dipanggil timnas. Seperti apa kekuatan Maung Bandung?

“Persib tanpa saya dan Basna  tidak ada masalah. Semua pemain yang memperkuat Persib saat ini sama bagusnya, hanya saya dan Basna yang dapat rezeki untuk memperkuat timnas.”

Apa target anda bersama Persib di ajang ISC 2016 ini?

BACA JUGA :   Madrid Nyaris Tumbang, Untung Ada Ronaldo!

“Sekarang komposisi pemain Persib berbeda dengan materi di Piala Presiden.  Yang jelas saya ingin bermain lebih baik lagi dan membawa Persib jadi yang terbaik. Itu target saya.”

Sekarang timnas sedang melakukan persiapan untuk piala AFF 2016. Melihat kekuatan timnas saat ini, bagaimana pendapat Anda?

“Mengenai itu saya belum bisa memberikan komentar banyak. Sebab saat ini timnas masih dalam masa persiapan banyak dan sedang membentuk tim. Mungkin nanti kalau persiapannya sudah dalam rahap yang ideal, saya bisa mengukur kelas timnas.”

Apa motivasi anda memperkuat timnas?

“Motivasi saya ingin memperbaiki rangking FIFA dan memberikan yang terbaik buat Indonesia.”

Sebentar lagi akan kongres PSSI untuk memilih ketua Umum PSSI. Ada komentar?

“Saya berharap berjalan baik, lancar dan sukses. Siapapun nanti ketua yang terpilih bisa bawa sepakbola Indonesia lebih baik dan berprestasi.”

(Visited 1.684 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni