Offside.co.id

Astaga! Ada Skandal Pelecehan Seksual di Chelsea

Senin 12 Desember 2016 00:20 WIB

Offside.co.id – Skandal menghebohkan muncul dari Chelsea. Rupanya klub kaya raya Inggris ini pernah menyimpan skandal seksual yang memilukan. Hanya saja, itu sudah terjadi pada masa lalu dan tak pernah diungkapkan ke publik.

Hal itu diungkapkan mantan pemain muda Chelsea, Gary Johnson. Ia mengaku dirinya termasuk salah satu korban pelecehan seksual di klub tersebut. Gary menginformasila  itu terjadi saat dirinya bergabung di akademi Chelsea pada era tahun1970 sampai 1980-an.

Lantas mengapa skandal itu tak pernah diungkapkan ke publik? Kata Johnson ada uang tutup mulut antara dirinya dan menejemen klub saat kasus itu terjadi. Kata dia, Chelsea membayar uang tutup mulut sebesar 50 ribu pounds atau sekitar Rp 837 juta.

“Jutaan penggemar Chelsea di seluruh dunia menonton. Semua suporter berhak tahu tentang kebenaran dan apa yang terjadi. Mereka meminta saya menandatangani perintah diam,” ujarnya kepada The Daily Mirror dan dikutip CNN.

Kepada media di London itu, Johnson yang kini berumur 57 tahun, mengungkapkan, pelecehan yang terjadi kepadanya ketika dirinya berumur 13 tahun dan dilakukan oleh pelatih junior Eddie Heath. Peristiwa memilukan itu terjadi pada 1972.

The Daily Mirror mengungkapkan bahwa Heath telah meninggal dunia. Namun tak ada sumber yang mengatakan, kapan sang pelatih meninggal.

Johnson mengatakan, kesaksian dia harusnya bisa memunculkn sikap berani bagi korban-korban lainnya. Sebab, katanya, banyak cerita sama yang dialami para pemain-pemain muda di klub-klub Liga Inggris.

Lebih lanjut CNN mengabarkan, kesaksian Johnson memang salah satu dari 639 kesaksian korban tentang pelecehan seksual yang terjadi klub-klub sepak bola di Inggris. Dari ratusan tersebut, Kepolisian Inggris sudah mengantongi 83 calon tersangka dari 98 klub-klub di semua level kompetisi.

Merespon pengakuan Johnson tersebut, menejemen di Stamford Bridge, mengatakan sudah meminta investigasi internal terkait skandal pelecehan seksual yang terjadi di era 1970-an tersebut. Hasilnya, nihil lantaran tak ada saksi yang hidup.

“Chelsea sudah meminta firma hukum eksternal agar menyelidiki para pekerja di klub era 1970-an. Namun semuanya sudah wafat,” demikian pernyataan klub tersebut.

 

(Visited 658 times, 2 visits today)
Editor: Hanif Marjuni