Offside.co.id

Bukan Coutinho-Firminho, Tapi Pemain Ini Kunci Liverpool Lolos 4 Besar

Rabu 3 Mei 2017 03:46 WIB

Offside.co.id – Musim ini Liverpool identik dengan tiga nama top: Philippe Coutinho, Roberto Firminho, dan Sadio Mane. Tapi kunci lolosnya The Reds ke 4 Besar justru ditentukan nama lain.

Setidaknya begitulah penilaian Jurgen Klopp. Manajer The Kops itu memuji gelandang Jerman berdarah Turki, Emre Can (23), sebagai pemain berlabel pembeda di situasi kritis.

Salah satu aksi Can sebagai penyelamat tim adalah saat Liverpool menghafapi tuan rumah Watford. Dalam posisi tertekan duo Manchester yang siap menyodok, Watford pun memberi perlawanan ketat.

Di situlah gol spektakuler Can hadir. Mendapat umpan bola chop dari Lucas Leiva, sambil membelakangi gawang dan ditempel bek lawan, Can melakukan tendangan setengah salto alias bicycle kick. Gol.

BACA JUGA :   Dikalahkan Suriah, Milla Puji Debut Spaso

Dalam kompetisi yang menyisakan empat laga terakhir, peran pemain pembeda ala Can sangatlah menentukan. Ia biasa “kurang diperhatikan” lawan.

Peran itu biasa dilakoni Can, baik semasa membela Bayern Muenchen (tim cadangan) maupun di tim utama Bayer Leverkusen. Dari klub Jerman terakhir itulah Can dibeli murah Liverpool seharga kurang dari £10 juta (Rp 165 miliar).

Musim ini di liga ia tampil dalam 29 pertandingan dengan koleksi 5 gol. Tak terlalu buruk bagi seorang pemain yang “kurang diperhatikan” lawan.

Yang ada dalam pikirannya adalah membawa Liverpool masuk zona Liga Champions. Soal gol ke gawang Watford, ia berkomentar standar.

BACA JUGA :   PSIS dan PSMP Jalani Partai Hidup Mati

“Itu adalah gol terbaikku. Saat itu aku melihat ruang dan berlari ke belakang, menanti bola. Aku tidak berpikir terlalu banyak. Tendang saja dan gol,” kata Can. “Jika memenangi tiga laga, kami berada di Liga Champions. Kami yakin bisa meraihnya.”

“Dia pemain bagus dan menjadi pembeda hasil pertandingan. Tidak ada yang bisa mengambil poin ini dari kami, itu kabar terbaik,” puji Klopp. (SN)

(Visited 67 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho