Offside.co.id

Derby Manchester: Antisipasi Kejutan Tamu

Kamis 27 April 2017 15:44 WIB

Offside.co.id – Laga derby Manchester, antara City vs United akan tersaji di Etihad Stadium, Jumat (28/4) dini hari WIB. Aspek kejutan akan jadi daya tarik utama.

Tuan rumah jelas lebih diunggulkan. Selain materi relatif komplit, mereka juga disokong pendukung fanatiknya. Catatan lain, rekor pertemuan juru racik MU, Jose Mourinho terhadap Pep Guardiola yang memoles City, cukup buruk. Mou lebih sering keok.

Ditambah minus pemain cedera seperti Zlatan Ibrahimovic, Marcos Rojo, Chris Smalling, Juan Mata dan Phil Jones, MU dalam posisi underdog.

Tapi suksesnya eksperimen Mourinho di lini depan pada laga kontra Chelsea dan Burnley, menghadirkan kengerian di kubu tuan rumah. Duet Marcus Rashford-Jesse Lingard (vs Chelsea) dan Anthony Martial-Wayne Rooney (vs Burnley), bisa jadi akan diubah lagi.

Mungkinkah duet Rashford-Martial? Eks kapten MU, Garry Neville, langsung memotong. “Tidak mungkin. Sejujurnya, tak ada partnership di antara mereka, meski sama-sama pemain muda, bisa jadi striker maupun Winger,” katanya di Sky Sports.

Apapun eksperimen Mourinho, kubu Guardiola tetap harus mengantisipasi. Ia sadar, kecepatan Rashford, Martial, maupun Lingard, bisa menyulitkan lini belakang City. Apalagi jika John Stone yang diandalkan, tidak dalam kondisi fit.

BACA JUGA :   Persib Dituntut Menang, Madura Punya Rekor Gemilang

Ia mungkin akan dipaksakan turun, meski berisiko. Situasinya sama dengan Gabriel Jesus, bomber muda yang sempat menggusur posisi Sergio Aguero. Cedera metatarsal ya mulai sembuh, meski belum 100 persen.

Yang pasti, kemenangan akan melicinkan dua rival sekota itu dalam memperebutkan tiket Liga Champions musim depan.

City saat ini hanya unggul satu poin dari United, dengan sisa enam pertandingan lagi. Ini akan menjadi laga yang sangat krusial, terutama City yang hanya bisa lolos ke Liga Champions melalui jalur Premier League. MU masih bisa berharap, asal juara Liga Eropa.

Hasil positif beberapa pekan terakhir membuat kubu Setan Merah yang awalnya agak ragu finis di 4 besar, kembali bersemangat. MU juga tertinggal tiga poin dari Liverpool, tapi mereka memainkan 2 laga lebih banyak.

Eric Bailly dkk wajib mewaspadai Aguero sebab striker Argentina itu terus mencetak gol di lima laga terakhir, termasuk gol melawan Arsenal di semifinal FA Cup. Musim ini total dia sudah mengemas 17 gol di liga.

BACA JUGA :   PSG Menang Lagi, Neymar dan Cavani Berbagi Gol

Di sektor tengah, MU mengandalkan Paul Pogba, Ander Herrera, Henrikh Mkhitaryan, dan Maruane Fellaini yang multi-fungsi.

Sementara City, agar lebih ofensif akan menempatkan Leroy Sane dan Raheem Sterling di sayap. Dukungan datang dari Fernandinho dan David Silva.

Manchester Biru juga belum pernah kalah dari delapan laga kandang terakhir mereka di Premier League, meski tiga yang terakhir hanya imbang.

Inkonsistensi juga tengah melanda Athena Citizen saat bermain di kandang. Mereka ditahan Spurs 2-2, Liverpool 1-1, bahkan Stroke 0-0 di Etihad Stadium!

Nilai minus City musim ini lainnya, kesulitan ketika melawan tim elite. Selain hasil imbang di atas, mereka kalah dari Everton, Liverpool di Anfiled, Leicester, Chelsea dan Spurs di White Hart Lane.

Laga ini digaransi bakal panas, seperti derby-derby sebelumnya. (SN)

 

 

(Visited 61 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho