Offside.co.id

Fellaini Pergi dari Old Trafford Januari Nanti?

Selasa 6 Desember 2016 12:09 WIB

Offside.co.id – Blunder yang dilakukan gelandang Manchester United, Marouane Fellaini (29) saat klubnya dijamu Everton, Minggu (4/12/2016), menguatkan spekluasi kepergiannya dari Old Trafford pada bursa transfer Januari nanti. Maklum, fans United sudah hilang kesabaran terhadap pemain asal Belgia tersebut. Sejauh ini, klub belum mau mengkonfirmasi hal tersebut.

Dalam laga itu, sebenarnya si kribo cuma tampil sebentar. Ia masuk pada menit ke-85 menggantikan Henrikh Mkhitaryan. Dua menit di lapangan, ia menabrak pemain Everton, Idrissa Gueye, di dalam kotak penalti. MU dihukum tendangan 12 pas yang dieksekusi Leighton Baines yang memunahkan kemenangan di depan mata setelah sempat unggul lewat gol Zlatan Ibrahimovic.

Everton v Manchester United - Premier League

“Sungguh performa sangat buruk seorang pemain internasional dan berpengalaman seperti dia. Itu tidak merefleksikan kesalahan manajer Jose Mourinho, yang memasukkannya di menit-menit akhir,” ujar legenda MU, Garry Neville, mengomentari kesalahan fatal Fellaini.

Mou sendiri enggan disalahkan, kenapa memasukkan pemain yang “rawan” bikin blunder. “Setelah tertinggal, Everton memainkan direct football. Umpan-umpan langsung ke gawang David de Gea karena punya striker tinggi. Apa yang harus saya lakukan selain memasukkan pemain bertinggi hampir dua meter seperti Fellaini,” ungkapnya, tanpa berniat menyalahkan si pemain.

Mou malah pernah melakukan “pembelaan” saat Fellaini juga membuat blunder dalam laga Community Shield. Kala itu ia melakukan back pass blunder kepada David de Gea, sehingga striker Leicester City, Jamie Vardy, bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Beruntung, Ibrahimovic membuat gol penentu kemenangan.

Selain Fellaini, dulu MU juga punya pemain yang rajin bikin blunder, Wes Brown. Jika Brown akhirnya dijual, akankah nasib Fellaini juga demikian? Yang pasti, dalam jajak pendapat pembaca Mirror, sebanyak 85 persen pembaca menginginkan  MU menjual Fellaini, sementara 15 persen sisanya tetap berharap kontribusi gelandang berdarah Maroko tersebut.

Selain Fellaini, dua pemain yang kurang disukai fans MU adalah Memphis Depay dan Marcus Rojo. Tapi terhadap keduanya, fans masih menjaga hati. Tak sampai ada teriakan buuuu, atau poster-poster negatif.

manchester-uniteds-marouane-fellaini-looks-dejected-after-conceding-a-penalty

 “Saya sangat bisa merasakan kalau Fellaini tidak disukai mayoritas fans MU,” kata Mourinho. “Tapi, jika dia bermain seperti saat melawan Bournemouth, dia pasti bisa merebut kembali hati para fans. Dia pemain penting. Memang harus diakui, tahun ini dia takkan memenangi trofi pemain terbaik versi fans.”

Fellaini dibeli MU dari Everton pada 2013 seharga 25,7 juta pound (sekitar Rp 440 milyar). Andai Januari nanti dijual, diyakini harganya akan berada di bawah kisaran 20 juta pounds. Everton berpotensi membelinya lagi, tapi dengan mahar separuh dari harga jual ke MU dulu. Kala itu dia didatangkan karena dinilai tangguh untuk memotong serangan lawan sejak di sektor tengah. Ia juga kuat dalam duel udara. Ia sempat mencetak beberapa gol lewat tandukan.

Selain dicap tukang bikin blunder, aksi Fellaini juga dinilai “jorok” hingga sering kena kartu kuning atau merah. Pada 2016, tampil 16 kali di semua ajang, ia mengoleksi delapan kartu kuning. Pada periode 27 Agustus hingga 18 September, ia mendapatkan 4 kartu kuning dari empat penampilan, yakni lawan Hull, Manchester City, Watford, dan timnas Siprus saat membela timnas Belgia. Namun begitu, pemain muslim dikenal punya jiwa sosial tinggi. (SN)

37a391ef00000578-3762118-marouane_fellaini_helps_a_female_manchester_united_fan_during_hi-a-50_1472396488352

(Visited 600 times, 2 visits today)
Editor: Sigit Nugroho