Offside.co.id

Gawat! Terlibat Narkoba, FA Rahasiakan Identitas 13 Pemain

Jumat 10 Februari 2017 15:30 WIB

Offside.co.id – Sebanyak 13 kasus pemakaian narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) yang melibatkan pemain sepakbola di lingkungan Liga Inggris diketahui disembunyikan oleh Persatuan Sepakbola Inggris (FA). Ke-13 pemain itu terbukti positif dalam test yang dilakukan secara acak dalam empat musim terakhir.

Seperti dilaporkan SunSport dalam investigasi yang dilakukan, setidaknya ada 13 pemain yang terbukti menggunakan narkoba antara musim 2012/13 hingga 2015/16. Siapa saja mereka sampai saat ini masih dirahasikan oleh FA Inggris.

Namun, satu pemain West Ham yakni Saido Berahino yang positif menggunakan obat terlarang jenis Methylenedioxymethamphetamine (MDMA) atau ekstasi, pada sebuah pesta September lalu, terungkap ke publik.

Josea Baxter (Foto: TheSun/PA)

Hasil itu diketahui setelah klub ini melakukan pemeriksaan rutin terhadap pemainnya di awal musim 2016/17. Akibatnya, Berahino terkena sanksi FA berupa larangan bermain selama 8 pekan. Berahino sendiri kini tak lagi bermain untuk West Ham. Striker berusia 23 tahun ini sekarang bermain untuk Stoke City.

BACA JUGA :   Tekuk Kolombia, Jepang Catat Sejarah Baru

Menurut laporan, apa yang terjadi pada Berahino hanya satu dari sejumlah kasus serupa sepanjang tahun 2012 hingga 2016. Dari catatan yang mereka dapat terungkap tiga pemain dinyatakan positif pada musim 2015/16, enam pemain pada musim 2014/15, tiga pemain pada musim 2013/14, dan satu pemain pada musim 2012/13.

Dari penelusuran tersebut juga diperoleh dua nama pemain dari 13 pemain yang pernah dinyatakan positif, yakni penjaga gawang Wolves Aaron McCarey dan mantan pemain Everton Jose Baxter. McCarey sendiri terbukti positif setelah dia gagal dalam tes yang dilakukan pada Mei 2015. McCarey kini bermain di klub Ross County, anggota Liga Primer Skotlandia.

Aaron McCarey (Foto: TheSun)

Baxter diketahui gagal lolos dalam tes yang dilakukan otoritas sepakbola Inggris saat pemain ini bermain untuk Sheffield United di League One, Februari 2016. Baxter positif memakai narkoba jenis kokain. Dia pun harus rela dihukum larangan merumput selama 12 bulan. Laporan terakhir menyebutkan Everton membuka pintu kembalinya gelandang serang berusia 25 tahun ini.

BACA JUGA :   Inggris dan Belgia Rebut Tiga Poin

Test narkoba terhadap 3.000 pemain dilakukan oleh FA sebagai bagian dari kampanye antinarkoba di lingkungan sepakbola di Inggris. (KS)

(Visited 73 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo