Offside.co.id

Hajar Chelsea, City Makin Sulit Dikejar

Senin 5 Maret 2018 09:43 WIB

Offside.co.id – Chelsea gagal menghentikan laju Manchester City pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Minggu (4/3). Gol Bernardo Silva di awal babak kedua menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan yang berakhir 1-0 untuk tuan rumah tersebut.

City langsung menekan sejak peluit babak pertama dibunyikan, terbukti dengan penguasaan bola 72% berbanding 28%. “The Blues” Chelsea benar-benar seperti singa yang sedang dikurung, karena mereka bermain bertahan dan hanya mampu melesatkan 3 kali tembakan selama 90 menit.

Sementara City berhasil melakukan 13 kali tembakan dan tiga yang mengarah ke gawang Chelsea, salah satunya milik Bernardo Silva di awal babak kedua yang mampu menjadi gol.

Skema permainan bertahan Chelsea, ternyata memang sudah direncanakan Antonio Conte. Conte menegaskan bahwa dia “bodoh” jika meladeni permainan “terbuka” City. Strategi Conte yang menjadikan Eden Hazard sebagai “false nine” dan tidak memainkan striker sejati sejak awal banyak mendapat kritikan.

Namun saat berbicara setelah pertandingan, Conte melakukan pembelaan atas strateginya tersebut, dan mengatakan bahwa pemainnya sudah melakukan apa yang dia instruksikan.

“Mereka mengikuti instruksi saya. Kami mempersiapkan permainan dengan cara ini, ketika Anda bermain melawan Manchester City Anda harus menggunakan otak Anda, jika tidak, Anda berisiko menyelesaikan permainan dengan cara yang buruk dan kalah 3-0 atau 4-0,” katanya.

“Kami mencoba untuk tidak memberi ruang ke Manchester City dan itu berjalan bagus. Yang pasti kebobolan setelah 30 detik babak kedua sangat disayangkan karena pada saat itu sangat sulit bagi kami untuk kembali,” ujar Conte dilansir ESPN.

Conte juga menambahkan bahwa dia tidak menyesal karena kalah oleh City. Yang membuatnya menyesal adalah kalah oleh tim-tim sebelumnya. “Saya pikir kita memiliki penyesalan besar atas kekalahan melawan Bournemouth, Watford, dan Manchester United. Namun ketika Anda bermain melawan City, mereka menunjukkan kualitas fantastis namun pada saat bersamaan memiliki mentalitas yang fantastis. Bila Anda mencocokkan kualitas dan mentalitas, Anda menjadi tak terbendung seperti mereka,” Conte memaparkan.

Kekalahan tersebut merupakan yang keempat bagi Chelsea dalam lima laga terakhir di Liga Primer mereka, dan membuat mereka terpaut lima poin dari tim urutan keempat Tottenham dengan sembilan pertandingan tersisa. Sementara City hanya butuh empat kemenangan lagi untuk mengunci gelar Liga Primer. (IZZAT/KS)

(Visited 28 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo