Offside.co.id

Ingin Kembali, Winger: Tak Mudah Tinggalkan Old Trafford

Sabtu 25 Maret 2017 08:05 WIB

Offside​.co.id – Nasib talenta muda Manchester United, Adnan Januzaj (22), akan ditentukan dalam waktu dekat ini.

Saat ini Januzaj sedang dipinjamkan ke Sunderland, setelah musim sebelumnya dipinjam Borrusia Dortmund. Sekalipun seolah kurang menghargai bakat Januzaj, faktanya MU enggan menjual dia.

Artinya, MU masih melindungi aset berharga dari Belgia tersebut. Itu tampak saat Dortmund hanya memainkan 6 kali dalam semusim. MU langsung menarik pulang, dengan alasan klub Jerman itu tak memberikan kesempatan sepadan.

Di Old Trafford ia kalah bersaing. Penilaian miring itu diawali David Moyes. Januzaj dikategorikan pemain level B. Saat 16 tahun, Sir Alex Ferguson yang membawanya ke Manchester.

Tapi selepas dipegang Moyes, nasibnya tak menentu. Janujaz sempat bermimpi tinggi saat legenda MU, Ryan Giggs, pensiun. Pemain sayap Wales itu mewariskan nomor keramat 11 untuk Januzaj.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Di mata Giggs, ia suksesor yang tepat untuk membuat winger United ditakuti lagi. Begitu posisi Giggs di manajemen kepelatihan MU kurang bergigi lagi, rontoklah mimpi Janujaz.

Di Sunderland, jam bertanding dia lumayan. Dari 23 laga, ia mencetak 1 gol. Bandingkan selama 50 kali membela MU, ia mengemas 5 gol. Hampir semua laga ia lalui dari bangku cadangan

“Sulit beradaptasi dari gaya MU ke karakter Sunderland. Harapan orang amat tinggi kepadaku, tapi mereka lupa, aku baru 22 tahun. Bukan 26 atau 27,” aku Januzaj kepada Sunderland Echo.

Tapi ia berjanji terus belajar dan berusaha keras untuk mencapai level tertinggi. “Saat ini aku merasa lebih fit, lebih kuat, dan percaya diri. Aku bahagia,” lanjutnya.

Impiannya tentu kembali ke Old Trafford. Jose Mourinho bisa saja menariknya pulang, menyusul peremajaan tim yang ia targetkan di beberapa posisi.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

“Aku tak tahu kemana nanti berlabuh. Kita lihat saja nanti apa yang akan terjadi,” ujarnya sambil mengakui, karena terlanjur cinta, baginya tak mudah meninggalkan MU.

Beberapa klub tertarik membelinya secara permanen, tapi MU enggan melepas. Mereka kuatir kasus Paul Pogba dan Michael Keane terulang.

Begitu dilepas murah (bahkan gratis), akhirnya MU kudu menebus mahal untuk memulangkan sang bintang. Kontrak Janujaz dibuat pada 2013 dan berakhir pada 2018.

Jika musim depan MU tak memperpanjang kontrak, Januzaj bisa pergi dengan gratis. Persis Pogba saat ditampung Juventus. (SN)

(Visited 51 times, 2 visits today)
Editor: Sigit Nugroho