Offside.co.id

Ini Alasan Kenapa Sanksi Mings Jadi 5 Laga!

Kamis 9 Maret 2017 08:24 WIB

Offside – FA mengumumkan, defender Bournemouth Tyrone Mings dijatuhi sanksi larangan main lima laga. Kenapa bukan tiga?

FA sebelumnya mendakwa striker Manchester United Zlatan Ibrahimovic, dan Mings, bersalah menyusul insiden kekerasan yang dilakukan keduanya di laga antara MU vs Bournemouth. Keduanya terlibat dua insiden tak sportif.

Insiden pertama terjadi kala Mings menginjak kepala Ibrahimovic dan tak lama kemudian giliran Ibra yang menyikut kepala Mings. Kepada FA Mings mengakui bahwa aa menginjak kepala Ibrahimovic, namun ia menegaskan ia tidak sengaja melakukannya.

Kepada media dan akhirnya juga kepada FA, Ibrahimovic mengaku bahwa ia tak menyikut Mings karena kepala lawannya itu yang mendatangi sikunya. Insiden itu sendiri lolos dari pengamatan wasit.

Otoritas sepak bola Inggris itu pada hari Senin (6/3/2017) sore waktu setempat, akhirnya memvonis keduanya bersalah.

Ibrahimovic dan MU menerima dakwaan tersebut dan tak mengajukan banding. FA pun akhirnya menjatuhkan sanksi larangan main sebanyak tiga kali kepada pemain asal Swedia tersebut.

Sikap kubu Bournemouth ternyata berbeda dengan MU. Merkea mencoba membela bek berusia 23 tahun tersebut. Mings juga mengaku tak bersalah dan menolak dakwaan itu.

FA membentuk panel khusus, yakni Independent Regulatory Commission. Namun Setelah meneliti video rekaman insiden tersebut lebih seksama, tim sepakat menilai Mings melakukan injakan dengan sengaja.

Soalnya, saat kakinya mendarat di kepala Ibra, tampak ada “tenaga tambahan” di kaki Mings. Tim pun menemukan unsur kekerasan yang bisa berakibat lebih fatal. Dalam foto tampak, kepala Ibra sampai merah warna darah.

Selain itu, sikap Bournemouth dan Mings juga dinilai tidak sportif, tanpa ada sikap penyesalan. Mereka tetap mengaku tak bersalah. Karena itulah hukuman skorsing ditambah dua laga, jadi total lima laga.

“Bek AFC Bournemouth Tyrone Mings akan menjalani skorsing lima pertandingan dengan segera,” begitu rilis pejabat FA. “Hukuman standar tiga pertandingan yang akan dinyatakan berlaku untuk kesalahan yang dilakukan, jelas tidak cukup.”

Komentar eks bek Liverpool, Jamie Carragher, menegaskan sanksi tersebut. “Mings layak disikut, meski saya tidak membenarkan perbuatan Ibrahimovic. Menginjak pemain lawan yang tengah terjatuh benar-benar tindakan yang tidak terpuji, Memalukan,” ujar Jamie di Sky Sports. (SN)

 

(Visited 134 times, 4 visits today)
Editor: Sigit Nugroho