Offside.co.id

Ini Penyebab Tewasnya 96 Pendukung Liverpool

Rabu 27 April 2016 21:25 WIB

Juri telah menyimpulkan bahwa 96 pendukung Liverpool yang meninggal di stadion Hillsborough pada 1989 dibunuh secara tidak wajar. Hal tersebut terbukti dari hasil identifikasi di Warrington selama dua tahun terakhir.

Kabarnya, sembilan juri telah menyampaikan kesimpulan mereka setelah menjawab 14 bagian dari kuesioner. Juri menemukan 96 penggemar yang meninggal 27 tahun lalu dibunuh secara tidak sah, dan tidak seorang pun pendukung yang harus disalahkan dalam kejadian tragis tersebut.

Saat kesimpulan tersebut disampaikan, sejumlah kerabat korban yang hadir di ruang sidang memukul meja dengan keras, bahkan sebagian lain meneteskan air mata haru perihal keputusan tersebut.

Sebagaimana diberitakan Sportsmole, Rabu (27/4), dewan pengadilan Goldring telah memutuskan kejadian tersebut murni karena kesalahan perencanaan yang dibuat oleh kepolisian Yorkshire Selatan. Di mana kekisruhan terjadi pada semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest di stadion Hillsborough.

Hal itu murni karena kesalahan kepolisian. Saat itu komandan kepolisian, David Duckenfield membuat kesalahan dalam membuka pintu gerbang Leppings Lane. Juri juga menegaskan desain dari Stadion Hillsborough ikut berkontribusi dalam bencana tersebut.

Selain itu sembilan juri tersebut sepakat polisi dan petugas medis bersalah karena respons mereka yang lambat dan tidak cepat tanggap. Insinyur yang membuat stadion tersebut seharusnya berbuat lebih banyak agar dapat meningkatkan keamanan.

(Visited 31 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid

You must be logged in to post a comment Login