Offside.co.id

Insiden Horor di Old Trafford, Rangsang Teknologi Video

Sabtu 4 Maret 2017 23:09 WIB

Offside.co.id – Skor imbang 1-1 di Old Trafford antara Manchester United kontra AFC Bournemouth, diwarnai insiden horor.

Pada laga lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (4/3/2017), wasit Kevin Friend jadi sorotan. Dua insiden yang jadi perbincangan hingga kini, justru lolos dari hukuman keras yang mestinya bisa ia jatuhkan.

Pertama tentu insiden di menit-menit akhir babak pertama. Bermula dari Tyrone Mings yang menginjak pelipis Zlatan Ibrahimovic.

Beberapa pemain MU menyebut jika lawan sengaja menginjak dan layak dikartu merah wasit. Ibra pun membalas dengan menyiku kepala Mings hingga dia tergeletak beberapa saat dan membuat pertandingan di-delay.

Pemain Bournemouth lainnya, Andrew Surman, melakukan protes keras kepada wasit. Ia pun diganjar kartu kuning kedua dan harus keluar lapangan. Ibra menurut banyak pengamat, layak mendapat kartu merah.

Masalahnya, wasit memang tidak melihat dengan jelas kedua insiden tersebut. Karena itu, ide pemakaian teknologi video pun bermunculan kembali.

The International Football Association Board (IFAB), lembaga yang bertugas membuat aturan sepak bola, mengumumkan beberapa aturan pendukung baru yang bisa diperkenalkan dalam waktu dekat.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Saat ini sedang diolah uji coba penerapan teknologi video pada babak ketiga Piala FA musim depan. Selain itu, teknologi video juga akan dipakai pada Piala Dunia 2018 di Russia.

Selama ini tokoh-tokoh bola di Inggris Raya ingin sepak bola dimainkan apa adanya seperti selama ini, minus teknologi video.

Keputusan wasit yang salah, juga insiden yang menyesakkan hati, kadang terjadi. Tapi mereka berkilah, justru itulah seninya sepak bola Inggris.

Sementara yang pro pada teknologi video berpandangan jika fakta menunjukkan, cabang olahragan tenis, kriket, rugby dan banyak lagi, telah menikmati keuntungan penggunaan teknologi video.

Untuk liga level atas, mungkin tepat. Tapi bagi liga level bawah, ongkos teknologi video terlalu mahal.

Jika FA mau menyelidiki, para pengamat yakin, Ibra dan Mings bisa dikenai sanksi berat.

Laga itu sendiri berjalan keras. Dua gol terjadi pada babak pertama. Marcos Rojo membuat MU unggul lebih dulu. Kemudian Joshua King membalasnya lewat tembakan penalti.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

MU buruk dalam penyelesaian akhir di laga itu. Membuat 20 tembakan tapi cuma tujuh yang tepat sasaran, MU unggul dalam penguasaan bola hingga 68%. Di kubu Bournemouth cuma bikin tiga usaha tendangan dan hanya satu yang tepat sasaran.

Tambahan tiga poin itu membuat MU tak beranjak dari posisi enam papan klasemen sementara dari 26 pertandingan. MU masih menyimpan satu laga tunda.

Dari hasil seri itu, Setan Merah mengantongi 49 poin. Sementara, Bournemouth menempati urutan 14 dengan 27 poin. (SN)

Susunan Pemain:

MU: De Gea; Valencia, Jones, Rojo, Shaw (Rashford 70′); Pogba, Carrick (Fellaini 70′); Mata, Rooney (Lingard 70′), Martial; Ibrahimovic.

Bournemouth: Boruc; Smith, Cook, Mings, Daniels; Arter, Surman; Fraser, King, Pugh (Gosling 45′); Afobe.

(Visited 89 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho