Offside.co.id

Jumlah Kemenangan MU di Old Trafford Musim Ini Paling Jelek!

Rabu 5 April 2017 21:41 WIB

Offside.co.id – Tingkat kemenangan Manchester United (MU) yang diraih di kandang sendiri mengalami penurunan. Bahkan persentase kemenangan di Old Trafford pada musim 2016/17 berada pada titik terendah sejak mereka terdegradasi pada musim 1973/74.

Musim ini tim asuhan Jose Mourinho hanya mencatat enam kemenangan dari 16 laga kandang atau 37,5 persen. Bahkan, Selasa lalu MU nyaris saja tumbang di tangan tamunya, Everton, jika saja Zlatan Ibrahimovic tidak mencetak gol untuk menyelamatkan muka “Setan Merah”. Ibra mencetak gol penyelamat pada menit ke-94 untuk mengubah kedudukan 1-1.

Di sisi lain, MU mencatat hasil lumayan di mana mereka bisa mempertahankan 20 pertandingan tanpa terkalahkan sejak Oktober tahun lalu, demikian seperti dilansir Mirror.co.uk.

Berkaca pada materi yang dimiliki MU menurunnya tingkat kemenangan ini memang menjadi pertanyaan. Musim ini Mourinho memecahkan rekor transfer termahal dunia saat membawa Paul Pogba dari Juventus. Selain Pogba, MU juga mendaratkan dua pemain baru lainnya, Zlatan Ibrahimovic dan Henrikh Mkhitaryan.

Namun demikian, produktivitas pemain-pemain baru belum sebanding. Dari 17 pertandingan di Old Trafford, MU hanya mencetak 21 gol.

Harus diakui, kehebatan MU terjadi saat masih ditangani Sir Alex Ferguson. Pelatih yang sudah pensiun itu sukses memenangi 13 gelar liga. Ferguson juga sukses memenangkan 370 pertandingan dari 517 pertandingan yang dia mainkan (72 persen).

Sementara itu pelatih MU lainnya, Louis van Gaal, memenangkan 26 dari 38 pertandingan (68 persen). Sedangkan David Moyes mencatat 7 kemenangan dari 16 pertandingan (44 persen). Nah, apa yang dicatat MU di bawah kendali Mourinho persis sama dengan yang dicatatnya di Chelsea sebelum ia dipecat  musim lalu.

Mourinho sendiri, seusai bermain imbang lawan West Brom, mengatakan, “saya tidak mengkritik tim lain.  Tim lain datang ke sini (Old Trafford) untuk menang,” katanya.

“Apa yang bisa saya katakan adalah, kami mencoba. Kami memiliki enam pemain yang benar-benar fenomenal dalam sikap, mentalitas, dan konsistensi. Mereka adalah Valencia, Bailly, Rojo, Young, Carrick, dan Fellaini,” lanjut pelatih asal Portugal itu.

“Kemudian kami memiliki empat pemain kreatif yang kami perlukan untuk  mencetak gol. Namun, mereka tidak melakukannya. Mereka tidak memiliki konsistensi, akibatnya kami kehilangan dua poin,” beber Mourinho.

MU terakhir kali mencatat persentase kemenangan terendah di kandang sendiri saat di bawah Tommy Docherty, 43 tahun yang lalu. Namun, catatan Docherty ini masih lebih baik dari Mourinho.

Catatan Hasil Pertandingan MU musim ini di Old Trafford:

Agustus

Manchester United 2-0 Southampton

September

Manchester United 1-2 Manchester City

Manchester United 4-1 Leicester City

October

Manchester United 1-1 Stoke City

Manchester United 0-0 Burnley

November

Manchester United 1-1 Arsenal

Manchester United 1-1 West Ham

Desember

Manchester United 1-0 Tottenham

Manchester United 3-1 Sunderland

Manchester United 2-1 Middlesbrough

Januari

Manchester United 1-1 Liverpool

Februari

Manchester United 0-0 Hull City

Manchester United 2-0 Watford

Maret

Manchester United 1-1 Bournemouth (KS)

(Visited 49 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo