Offside.co.id

Karena Shaw, Mourinho Terancam Dimusuhi Pemain MU!

Senin 10 April 2017 04:45 WIB

Offside.co.id – Gara-gara kritik pedas kepada Luke Shaw, Jose Mourinho terancam kehilangan dukungan pemainnya sendiri.

Suasana di ruang ganti Manchester United bisa berubah drastis jika para pemain akhirnya justru memusuhi sang manajer.

Peringatan itu disampaikan pengamat bola Paul Thompson dan eks pemain Paul Merson (Arsenal) serta Matt Le Tissier (Southampton) dalam kanal bola di Sky Sports.

Mourinho sebelumnya mengkritik Shaw secara terbuka di media. Ia menyebutnya sebagai pemain yang malas dan kurang punya spirit seperti standar pemain MU lainnya.

Seusai mengalami patah kaki akibat terjangan pemain PSV Eindhoven, Shaw memang butuh waktu lama untuk pemulihan cedera fatal, juga mental.

Pemain yang dibeli dari Southampton sebelumnya dipuji sebagai bek kiri modern. Ia pun masuk skuad timnas Inggris. Namun seusai cedera dan dikritik Mourinho, masa depannya di Oke Trafford dianggap sudah habis.

Nyatanya, di tengah badai cedera tim Setan Merah, Mourinho akhirnya memainkan Shaw di babak kedua kala MU menjamu Everton, Selasa lalu.

Nyaris kalah, MU terselamatkan setelah tendangan Shaw diblok dengan tangan bek lawan hingga berhadiah tendangan penalti yang dieksekusi Zlatan Ibrahimovic. Skor 1-1 diprakarsai aksi Shaw.

Meski berjasa, Mourinho bukannya memuji, tapi justru memberikan komentar negatif terhadap Shaw! Lagi-lagi, ia katakan itu di depan awak media.

“Aku katakan kepada kalian begini karena aku sudah katakan hal ini kepada dia (Shaw) sebelumnya,” ujar Mourinho. “Penampilannya bagus, tapi itu hanya tubuhnya dengan memakai otakku. Dia di depanku dan aku membuat setiap keputusan untuknya.”

Thompson menambahkan, perlakuan buruk terhadap Shaw serupa seperti saat Mourinho mengkritik Ruben Loftus-Cheek semasa jadi manajer Chelsea.

“Apakah Luke Shaw jadi Ruben Loftus-Cheek nya Man Utd? Pemain muda, berlatih, dimainkan, lalu ditarik bahkan di menit awal, kemudian dikritik sebagai tak mampu membaca pertandingan. Pecat dia, lalu tarik lagi,” papar Thompson.

Ia lantas membandingkan dengan Paul Pogba, pemain muda dengan dengan kasus serupa. Pogba sempat dicuekin di Olddan Trafford. Begitu hebat di Juventus, MU menebusnya £89 juta.

“Saat ini performa Pogba masih jauh dengan harganya, tapi Mourinho tak bersikap sekeras kepada Shaw,” lanjutnya.

Sementara Paul Merson menilai Mourinho terlalu melecehkan Shaw. “Ibrahimovic pernah dalam situasi lama tak mencetak gol dan Mourinho tak berani mengkritik dia. Juga Wayne Rooney,” papar Merson.

Ia yakin Mourinho sedang mulai kehilangan dukungan pemain. Hubungan antar-personal para pemain tak bisa disepelekan. Di ruang ganti, mereka bisa kompak memusuhi pelatih.

“Pemain senior pun bisa bersikap protektif pada juniornya. Ini pernah terjadi di Chelsea,” imbuh Merson.

Sedangkan Matt Le Tissier menyebut sikap Mourinho menjijikkan. “Manajer harus suportif terhadap pemain mudanya. Bukan malah mempermalukan lewat media. Aku tak tahu apa yang terjadi pada Mourinho,” ujarnya. (SN)

(Visited 219 times, 2 visits today)
Editor: Sigit Nugroho