Offside.co.id

Mourinho: Lupakan Liga Eropa, Fokus Derby Manchester!

Rabu 26 April 2017 02:30 WIB

Offside.co.id – Derby Manchester masih dua hari lagi, tapi Jose Mourinho merasa perlu memberi peringatan bagi para pemainnya.

Dalam laga yang dihelat di Etihad Stadium, Jum’at dini hari, manajer Manchester United itu kuatir fokus pasukannya terbelah.

Maklum, MU juga lolos ke semifinal Liga Eropa. Jika menjuarai kompetisi Eropa kasta kedua itu, mereka juga berhak atas tiket ke Liga Champions musim depan.

Dengan rentetan cedera pemain bintangnya, rasa cemas Mourinho memang masuk akal. Karena itu ia menegaskan agar Paul Pogba dkk fokus saja pada tantangan paling dekat: derby Manchester!

MU mendapat pukulan telak kala bomber utama Zlatan Ibrahimovic dan bek sentral Marcos Rojo cedera hingga akhir musim. Sementara Chris Smalling dan Phil Jones belum terlalu pulih untuk dipaksakan turun.

Saat full team dalam derby di Old Trafford 10 September tahun lalu, MU menyerah 1-2 lewat gol Kevin De Bruyne dan Kelechi Iheanacho. MU membalas lewat Ibra.

Apakah Setan Merah kini jadi tim underdog? Bisa iya, bisa tidak. Eksperimen Mourinho telah membuktikan, dalam 2 laga terakhir ia sukses mengagetkan lawan dengan formasi kejutan.

Chelsea dan Burnley mereka hajar 2-0 dengan tombak kembar yang berbeda. Aspek kejut itu tentu dibaca juru racik City, Pep Guardiola. Rasanya ia akan menerapkan langkah antisipatif.

United tengah mengincar posisi 4 besar, agar masuk zona Liga Champions dari jalur Liga Primer. Kemenangan atas City akan mengubah susunan klasemen. Liverpool yang berada di posisi 3 pun rawan tergusur.

Bagi Pep, kemenangan City agak menghibur setelah mereka disingkirkan Arsenal di semifinal Piala FA. Artinya, Guardiola akan menyelesaikan musim ini tanpa trofi, pertama kali sepanjang karir manajerialnya.

Sementara Mourinho meminta pemainnya melupakan trofi Piala EFL dan prestasi lolos ke semifinal Liga Europa. “Tim perlu melupakan trofi yang kita menangi,” kata Mourinho kepada Sky Sports.

Tujuannya, agar fokus pemain hanya pada laga Derby. Wayne Rooney agaknya bakal diturunkan awal sebab kematangannya dibutuhkan tim. Rooney pencetak gol derby terbanyak dengan 11 gol, unggul atas Sergio Aguero (8 gol).

“Untuk beberapa hari ke depan, lupakan bahwa kita harus bermain di semifinal Liga Eropa dan kita memiliki 25% peluang untuk memenangkan kompetisi. Fokus ke Liga Primer saja, titik,” tegas Mourinho. (SN)

(Visited 50 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho