Offside.co.id

Neville Nilai Ada Kesalahan Dasar, Shaw: Saya Akan Berjuang!

Jumat 7 April 2017 07:44 WIB

Offside.co.id – Mantan bek Manchester United, Phil Neville, menilai ada kesalahan mendasar dengan Luke Shaw (21) yang dikritik secara terbuka oleh manajer Jose Mourinho.

Neville menyampaikan pandangannya itu lewat BBC beberapa jam lalu. Pria yang mengaku ikut mengamati performa Shaw di Southampton sebelum dibeli MU, merasa heran dengan kritikan Mourinho terhadap bek kiri itu.

Atas rekomendasi Neville dan tim pelatih, MU akhirnya memutuskan membayar mahar Shaw sebesar £27 juta kepada kubu The Saint. Cukup mahal untuk pemain yang kala itu berusia 19 tahun tersebut.

“Saat itu saya pikir dia akan menjadi bek kiri Manchester United selama 10 tahun ke depan. Dulu saya yakin dia akan menjadi pemain sensasional,” ungkap Neville.

Menurutnya, andai saat ini yang jadi bos di Old Trafford adalah Sir Alex Ferguson, mungkin hal serupa juga terjadi. Shaw akan jadi sasaran kritik.

“Mirip dengan kritikan Jose meskipun takkan tersebar luas di ranah publik. Ferguson akan memberinya tugas berat dan jika pemain tak sesuai standar, bos akan menyuruhnya​ pergi atau membela klub lain,” imbuhnya.

 

Neville tahu, Shaw mengalami cedera patah tulang yang fatal, namun dia tetap merasa ada kesalahan fundamental. Ia yakin, Jose sudah kehabisan akal untuk mengembalikan performa Shaw dan beberapa laga tersisa musim ini jadi penilaian akhir.

Shaw sebelumnya dikritik Mourinho sebagai pemain yang terlalu malas mengikuti latihan (setelah sembuh) dan tak memiliki ambisi besar lagi. Bahkan Mourinho menyebut tidak ada lagi sepak bola dalam otaknya.

Nyatanya, Senin lalu Shaw menghadap Mourinho secara khusus untuk menjelaskan sikap, tekad, dan ambisinya.

“Aku akan berjuang keras untuk mendapatkan kembali tempat di tim utama United. Aku datang ke sini karena aku cinta klub ini. Karenanya aku akan berjuang sampai detik terakhir,” tegas Shaw.

Sempat tersiar kabar, ia tak akan dimainkan hingga akhir musim akibat dinilai terlalu malas bergerak. Faktanya, Selasa lalu ia “terpaksa” diturunkan Mourinho setelah Ashley Young mengalami cedera.

Kepercayaan itu dibayar lunas oleh Shaw. Meski tak mencetak gol, namun lewat tendangannya​, bek Everton Ashley Williams sampai harus mengorbankan diri. Ia menghentikan tendangan Shaw di sudut kanan gawang Everton yang tak terjangkau sang kiper.

Hukuman berupa kartu merah untuk Williams dan tendangan penalti (dieksekusi Zlatan Ibrahimovic), akhirnya menyelamatkan MU dari kekalahan. Skor 1-1 terjadi dengan diawali tendangan Luke Shaw.

“Aku akan terus membuktikan diri, aku pantas bermain di klub besar ini. Beri aku kesempatan dan kepercayaan,” harap Shaw. (SN)

(Visited 36 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho