Offside.co.id

Sediakan Rp 3,6 Triliun, Bank China Siap Beli Klub Inggris Ini!

Kamis 23 Februari 2017 22:18 WIB

Offside.co.id – Sebuah bank investasi terbesar di China – CITIC Securities – siap mengambilalih saham kepemilikan klub anggota Liga Primer Inggris, Southampton. Mereka membuat penawaran sebesar 225 juta poundsterling (sekitar Rp 3,6 Triliun). Masuknya perusahaan investasi Negeri Tirai Bambu ini ke Southampton dilakukan setelah penawar sebelumnya Far East gagal melanjutkan pembicaraan.

Seperti dilaporkan Sportsmail, CITIC Securities telah merancang penawaran yang menggiurkan dan kini sudah masuk dalam tahap pembicaraan formal dengan klub yang bermarkas di St Mary’s Stadium tersebut. Southampton akan segera mengakhiri kerjasama eksklusif dengan Lander Sports Development, akhir bulan ini.

(Foto: Dailymail)

Lander,  diungkapkan, telah memasukkan penawaran melalui bursa saham Shenzhen pada 26 Januari lalu. Mereka dikabarkan telah menyetujui kesepakatan secara prinsip untuk membeli saham klub berjuluk “The Saints”, dengan pemilik klub Katharina Liebherr.

BACA JUGA :   Kolombia Bangkit, Polandia Minim Kualitas

Namun rencana kesepakatan dengan Lander dipandang lebih banyak merugikan klub karena tidak menghitung potensi penjualan dan pembelian pemain dalam nilai keseluruhan klub. Akibatnya, Southampton tidak dapat dilihat sebagai usaha bisnis yang menguntungkan di mata pelaku pasar bursa saham.

Peringatan ini pun ditangkap oleh Southampton, apalagi mereka sebenarnya juga masih memiliki pilihan investor lain – tiga perusahaan investasi asal China dan satu dari AS – yang bisa lebih memberikan keuntungan.

CITIC tampil sebagai perusahaan yang mengajukan penawaran menggiurkan dengan nilai investasi sebesar 225 juta poundsterling. Dan, Blackbridge Cross Borders ditunjuk sebagai perantara dari pihak CITIC, sedangkan UBS bertindak untuk pemilik Liebherrs. Untuk selanjunya mereka akan melakukan pembicaraan di London.

Pemilik Southampton Katharina Liebherr (kanan) dan Direktur Klub Ralph Krueger. (Foto: dailymail)

Southampton, dinilai sebagai klub paling menarik di Inggris. Klub ini telah menjadi model keberhasilan  sejak diselamatkan oleh keluarga Liebherr pada 2009. Keberhasilan Southampton diperlihatkan  dalam waktu tiga tahun mereka sukses menapak dari dari League One ke Liga Premier.

BACA JUGA :   Kroos Selamatkan Peluang Jerman

Liebherr, yang mewarisi klub dari almarhum ayahnya Markus pada 2010, bulan lalu mengkonfirmasi bahwa ia terbuka untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga.

CITIC Securities ingin mendapatkan kontrol penuh di klub. Perusahaan investasi ini cukup dikenal di Inggris. CITIC Capital – grup dari CITIC – bersama dengan China Media Capital adalah perusahaan yang mengakuisisi 13 persen saham Manchester City dengan total nilai sebesar 265 juta pada Desember 2015.

Namun demikian, belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan dari pihak Southampton terkait rencana pengambilalihan saham klub oleh perusahaan tersebut. (KS)

(Visited 107 times, 5 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo