Offside.co.id

Setelah 21 Tahun, Akhirnya Lampard Pensiun

Jumat 3 Februari 2017 09:45 WIB

Offside.co.id – Frank Lampard membuat putusan mengejutkan. Mantan gelandang Chelsea dan tim nasional Inggris ini memutuskan pensiun sekaligus mengakhiri kariernya bersama klub Major League Soccer (MLS), New York City FC.

“Sementara saya telah menerima sejumlah tawaran menarik untuk terus bermain, pada usia 38 tahun saya merasa inilah saatnya untuk memulai babak berikutnya dalam hidup saya,” tutur Lampard dikutip dari BBC Sport, Jumat (3/2).

Belum jelas apa yang akan dilakukan Lampard berikutnya. Namun, ia akan mendapatkan prioritas dari FA jika mau mengambil kualifikasi kepelatihan. “Saya berharap dapat mengejar peluang di luar lapangan dan ini adalah keputusan terbuka,” ujar dia.

Selama 21 tahun aktif di lapangan hijau, karier Lampard terbilang mengilap. Bersama Chelsea, ia tampil di 649 pertandingan dan mengoleksi 211 gol. Lalu andil besar dalam meraup 11 gelar. Antara lain, gelar juara Premier League, Liga Champion pada 2012, empat gelar Piala FA, dua Piala Liga dan dua Piala Super Eropa.

Tak cuma itu, Lampard juga berhasil membuat rekor atas nama pribadinya. Dilansir dari BBC Sport, beberapa rekor yang pernah dicetak pemain bernama lengkan Frank James Lampard, antara lain menjadi pemain paling banyak ketiga yang bermain di Liga Primer Inggris yakni 609 kali. Catatan itu hanya kalah dari Gareth Barry (615 laga) dan Ryan Giggs (632 laga).

Pria kelahiran Romford, Britania Raya juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak keempat di Premier league dengan 177 gol. Jumlah itu hanya kalah dari Alan Shearer, Andy Cole dan Wayne Rooney.

Di Premier League, Lampard juga dinobatkan sebagai gelandang yang mencetak gol terbanyak dari luar kotak penalti. Di tim nasional Inggris, ia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dari titik putih. Total sembilan gol yang ia cetak dari penalti.

 

(Visited 85 times, 2 visits today)
Editor: Hanif Marjuni