Offside.co.id

Singa Muda MU dari Kongo Ini Mematikan Alexis Sanchez!

Senin 8 Mei 2017 07:56 WIB

Offside.co.id – Tak ada tawa di kubu Manchester Umited saat mereka dihajar Arsenal 0-2. Tapi ada sepotong kebanggaan yang dibawa pulang ke Old Trafford. Dialah Axel Tuanzebe (19).

Selepas laga yang digelar di Emirates Stadium, Minggu (7/5/2017), Axel kebanjiran pujian. Dari manajer, pengamat, juga fans.

Tampil sebagai starter di tim utama MU untuk pertama kali, Axel tak grogi sama sekali. Aksinya yang simpel, percaya diri, dan terutama, keras serta ngotot, membuat ia cepat jadi sorotan. Axel bak singa muda yang lapar tantangan!

Maklum, beroperasi di posisi bek kanan, ia langsung berhadapan dengan pemain top The Gunners, Alexis Sanchez. Striker Cile itu memang kerap jadi fokus kamera karena skill dan kebintangannya.

Sialnya, malam itu Axel yang ditugasi Jose Mourinho mematikan Sanchez, bertugas dengan disiplin tinggi. Beberapa trik Sanchez pun ia mentahkan. Begitu pula saat beradu badan alias body charge. Axel sulit ditaklukkan.

Bocah kelahiran kelahiran Bunia (Kongo), 14 November 1997 dengan tinggi 185 cm ini identik dengan seniornya di MU, Eric Bailly, yang malam itu disimpan. Bailly diplot untuk tugas di kancah Liga Eropa, Kamis malam, kontra Celta Vigo.

BACA JUGA :   Ajakan Unfollow Persib Masih Ramai

Alhasil, beberapa media memberinya nilai tertinggi dibanding tiga bek lain dalam skema flat back four yang dipasang Mourinho malam itu.

Bahkan saat Wayne Rooney, Ander Herrera, Cristal Smalling, Phil Jones dapat nilai 4-5, Axel bersama Anthony Martial didapat angka 7 dalam The Reds Players Rating.

“Sebagai fullback, dia bermain sangat bagus. Berhadapan dengan pemain fantastis seperti Alexis Sanchez tidak mudah, tapi dia bisa mengatasinya. Jika kau tanya pada Sanchez tentang laga semalam, pastilah ia akan bilang berat,” ujar Garry Neville, pengamat di Sky Sports.

“Apakah dia layak masuk skuad 11 pemain inti, kita cukup melihat dia dalam 10 menit pertama. Fantastik,” puji Mourinho.

Axel sendiri merendah. “Targetku saat ini adalah mendapatkan menit bermain lebih banyak hingga akhir musim. Aku akan bekerja semampuku, menjalankan tugas yang diberikan manajer. Aku juga ingin mkasuk skuad inti seperti Rashford,” ujar Axel di laman resmi klub, Manutd.com.

Axel adalah produk akademi MU sejak berusia 8 tahun. Di jadi kapten pertama di tahun pertama masuk skuad inti MU U-18, sejak era Garry Neville.

BACA JUGA :   Bungkam Filipina, Indonesia Jaga Kans Lolos

Debut di tim senior United ia rasakan saat menggantikan Timothy Fosu Mensah dalam laga kontra Wigan Athletic di Old Trafford, Januari 2017. Empat hari seusai laga, ia disodori kontrak hingga 2020 dengan opsi perpanjangan setahun.

Beberapa fans menyebut, Mourinho tak perlu pusing lagi mencari bek. Bahkan jika Smalling dan Jones pergi pun, ia tak perlu cemas.

Axel Tuanzebe yang akan mengisi posisi rawan itu. Ia bahkan mungkin bukan lagi masuk sebagai pemain pengganti, melainkan skuad inti! (SN)

(Visited 336 times, 5 visits today)
Editor: Sigit Nugroho