Offside.co.id

Tanpa Ibra, Ini Formasi Alternatif Manchester United

Selasa 7 Maret 2017 07:19 WIB

Offside.co.id – Manchester United tampaknya harus terbiasa tampil tanpa striker 26 gol, Zlatan Ibrahimovic. Tiga kombinasi formasi terbaik MU pun disodorkan.

Seusai insiden akhir pekan lalu dimana Ibram menyikut pemain Bournemouth, Tyrone Mings, FA Senin lalu melakukan investigasi. Diyakini, Ibra sulit lolos dari sanksi larangan tampil di tiga laga.

Ibra terancam absen di  perempat final Piala FA kontra Chelsea dan di dua laga EPL melawan Middlesbrough dan West Bromwich Albion.

Tugas Jose Mourinho kini menemukan cara bagi timnya untuk menang tanpa melibatkan Ibra. Dia memang memiliki beberapa pilihan, dan tinggal menentukan opsi terbaik.

Opsi pertama, Marcus Rashford. Dia dimainkan sebagai pemain Nomor.9 dalam pertandingan kandang melawan Arsenal pada bulan November.

Artinya, Rashford berperan sebagai striker tunggal, setelah selama ini ditugaskan beroperasi di sisi kiri. Pemuda 19 tahun ini cukup gesit dan punya naluri gol bagus, meskipun ia jelas kalah kelas dibanding Ibra.

BACA JUGA :   Jerman Tumbang Setelah 36 Tahun

Dalam kreasi saat berada dalam posisi membelakangi gawang, Ibra jagonya. Tapi Rashford pun penuh kejutan dan ia takkan dimonitor bek lawan seperti halnya Ibra. Ini keuntungan tersendiri.

Opsi kedua, Anthony Martial. Ia tiba di Old Trafford pada Agustus 2015 dengan No.9 di punggungnya. Bos MU kala itu Louis van Gaal, berniat memposisikan dia sebagai striker sentral, namun itu tak lama.

Martial setidaknya pernah beraksi sebagai front-man tunggal untuk MU meski hanya mencetak tiga gol dalam 16 pertandingan. Dalam musim ini bersama Mourinho, peran itu hanya sekali ia mainkan. 

Opsi ketiga, Wayne Rooney. Banyak pembicaraan sekitar Rooney dalam beberapa pekan terakhir telah dalam kaitannya dengan satu transfer rumor atau “penempatan” dia di bangku cadangan.

BACA JUGA :   Modric Bawa Kroasia Ungguli Nigeria

Di bawah kendali Mourinho Rooney diangkat jadi kapten dengan peran sebagai pemain No.10, atau No.9, atau bahkan No.9,5! Dengan pengalamannya, Rooney bisa memainkan semua peran itu walau tak sedahsyat di usia emasnya, sekitar 5-7 tahun lalu.

Rooney hanya dua kali jadi striker tunggal, yakni saat melawan Fenerbahce. Jika pria berusia 31 tahun ini main di depan, itu akan memberikan kesempatan bagi Martial dan Rashford di posisi sayap kiri karena MU perlu kecepatan. (SN)

 

 

 

(Visited 277 times, 11 visits today)
Editor: Sigit Nugroho