Offside.co.id

Wasit Oliver Anti-MU? Lampard Pun Bilang Dia Salah, Tapi…

Selasa 14 Maret 2017 11:01 WIB

Offside.co.id – Tersingkirnya Manchester United dari Piala FA setelah kalah 0-1 dari Chelsea, berbuntut panjang.

Sang wasit, Michael Oliver (32) dituduh anti-MU. Jose Mourinho memang tidak secara eksplisit menyebut demikian, namun komentarnya seusai laga mengarah ke hal tersebut.

“Mr Michael Oliver adalah seorang wasit yang potensial, fantastik. Manchester United hanya sedikit tidak beruntung. Saat memimpin 4 pertandingan MU, wasit Oliver memberikan 3 kali tendangan penalti untuk lawan, satu kartu merah (untuk MU) di menit awal dan banyak kartu kuning,” ujar Mourinho.

Kartu merah yang diberikan wasit  kepada Ander Herrera (lewat dua kartu kuning), mengubah jalannya pertandingan dan juga skor akhir. Meladeni Chelsea dengan 10 pemain, gawang United pun jebol.

Dikutip Mailonline, terkait kartu kuning kedua Herrera, legenda Chelsea, Frank Lampard pun mengkritik wasit.

“Herrera tak patut mendapat kartu kuning kedua. Pelanggaran yang ia lakukan pada Eden Hazard, minimal sekali. Tapi pada kartu kuning pertama, itu mutlak,” kata Lampard, yang memahami pengusiran Herrera mengubah jalannya laga.

Tapi Lampard menegaskan, pelanggaran terhadap Hazard memang luar biasa. Termasuk seperti dilakukan Phil Jones.

Legenda Inggris Alan Shearer juga sepaham dengan Lampard. “Kau tak bisa komplain pada kartu kuning pertama Herrera. Dia pun tahu, cara menghentikan Hazard salah. Tapi pada kartu kuning kedua, itu keputusan (wasit) yang bodoh,” imbuh Shearer.

Namun tuduhan Oliver wasit anti-MU agaknya terlalu berlebihan. FA memang akan menyelidiki hal ini, namun diyakini wasit hanya akan dikenai teguran ringan. Kesalahannya hanya pada kartu kuning kedua Herrera. Selebihnya, standar.

Berbeda dengan wasit laga Barcelona vs Paris St-Germain di Liga Champions, Denis Aytekin. Dua kali ia bikin blunder besar, juga melontarkan kata-kata kotor ke pemain PSG. Sanksi bebas tugas di Liga Champions dan Liga Eropa hingga akhir musim, sangat mempermalukan sang pengadil.

Oliver sendiri punya prestasi bagus. Daily Mail menyebut Oliver menjadi wasit termuda dalam sejarah Premier League saat memimpin laga Fulham vs Portsmouth di usia ke-24.

“Saya agak berdebar-debar saat akan memimpin pertandingan Liga Inggris pertama kali, di kandang Fullham. Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan,” ujar Oliver kala itu.

Ia melewati rekor wasit termuda sebelumnya yang dicatat Stuart Attwell, pada usia 25 tahun, di musim sebelumnya. Oliver pernah memimpin final Piala Liga juga laga Liga Champions. Karier Oliver pun menanjak saat ia masuk dalam jajaran elit wasit FIFA.

Dalam empat edisi terakhir EPL, catatan kartu merah yang ia keluarkan, memang meningkat signifikan.

Pada EPL edisi 2012/13 dia memimpin 39 laga dengan 1 kartu merah. Lalu pada 2013/14 (40 laga/4 KM),  2014/15 (36 laga/6 KM), dan edisi 2015/16 (36 laga/9 KM). Terjadi peningkatan lumayan. Hmmm. (SN)

(Visited 205 times, 3 visits today)
Editor: Sigit Nugroho