Offside.co.id

Wenger Terjepit, Koeman Muncul Sebagai Calon Pelatih Arsenal

Minggu 5 Maret 2017 12:16 WIB

Offside.co.id – Posisi Arsene Wenger (67) di Arsenal semakin terjepit pasca kekalahan 1-3 dari Liverpool di Anfield, Sabtu malam. Spekulasi bakal dijalankannya“suksesi” terhadap Wenger akhir musim ini pun semakin merebak.

Setelah sejumlah kandidat pelatih pengganti Wenger seperti Masimilliano Allegri (Juventus) dan Luis Enrique (Barcelona) dimunculkan. Kini, yang teranyar adalah Ronald Koeman. Pelatih Everton asal Belanda ini disebut-sebut sebagai figur favorit untuk meneruskan kursi kepelatihan Arsenal yang akan ditinggalkan Wenger.

Sepak terjang Koeman (53) sepanjang tiga tahun berkiprah di Liga Premier menjadi pantauan manajemen “The Gunners”. Pelatih asal Belanda itu dianggap sukses bersama Southampton dan Everton.

Jika tidak ingin kehilangan buruannya maka pihak Arsenal harus cepat bergerak. Pasalnya, Koeman juga masuk dalam radar buruan mantan klubnya, Barcelona. Barca bakal kehilangan Luis Enrique setelah ia dipastikan mundur akhir musim ini. Barca pun sedang mencari figur yang pas sebagai pengganti Enrique.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Menurut Giovanni van Bronckhors, mantan pemain Arsenal dan Barcelona asal Belanda, ia yakin bahwa Koeman akan menjadi pelatih Barcelona.

“Saat Anda melihat daftar para pelatih yang pernah bekerja untuk Barcelona, Anda akan menyadari bahwa klub ini mengutamakan orang-orang yang pernah mencatat sejarah sebagai pemain Barcelona. Koeman, dalam segala aspek, sangat cocok dengan Barcelona,” Van Bronckhors mengungkapkan kepada mirror.co.uk.

Koeman dianggap figur yang cocok dengan Barcelona. Mantan pemain Belakang yang ikut membawa Belanda meraih juara Piala Eropa 1988 ini adalah bintang Barcelona ketika klub Katalan merebut gelar pertama kalinya pada Kejuaraan Antarklub Eropa 1992.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Baca juga: Koeman Persilakan Rooney Merapat Ke Everton

Setelah pensiun sebagai pemain Koeman meneruskan kariernya sebagai pelatih di Ajax, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, dan Fayenoord. Koeman kemudian hijrah ke Inggris untuk menangani Southampton yang ditinggal pergi Mauricio Pochettino ke Tottenham Hotspur.

Kendati mulai dikait-kaitkan dengan Arsenal, Koeman sepertinya tidak terpengaruh. Pun demikian kaitannya dengan Barcelona. Walau dia pernah menjadi bagian dari sejarah Barcelona, namun dia tidak akan terintimidasi dengan sebutan sebagai pahlawan yang kembali dinanti kehadirannya di Nou Camp. (KS)

(Visited 104 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo