Offside.co.id

Akhiri Karier di Roma, Totti: Saya Takut…

Senin 29 Mei 2017 08:47 WIB

Offside.co.id – Pensiun sebagai pesepakbola setelah 25 musim berkarier di Seri A, rupanya membuat “Il Capitano” AS Roma, Francesco Totti” takut.

“Saya takut dan saya membutuhkan bantuan Anda. Saya belum siap untuk mengatakan semua ini berakhir,” kata Totti, usai kemenangan Roma atas Genoa 3-2 dalam laga penutup Seri A musim 2016/2017 sekaligus pertandingan terakhir yang dimainkannya.

Laga penutup Totti berujung dengan hasil memuaskan di mana Roma memastikan diri merebut tiket Liga Champions setelah menduduki posisi kedua klasemen akhir.

(Foto: mirror/EPA)

Momen yang sangat mengharukan berlangsung di Stadion Olimpico, markas Roma. Totti, pemain pujaan dan juga “Sang Pangeran” bagi Roma secara resmi mengakhiri kariernya di klub berjuluk “Gialorrossi” itu. Roma menjadi satu-satunya klub yang dibela Totti. Sepanjang kariernya, dia tak pernah pindah ke lain klub.

“Saatnya telah tiba. Sayangnya, saat yang telah tiba ini tidak pernah saya harapkan akana datang,” kata Totti kepada penonton dalam sambutannya, seperti dilansir laman Football-Italia.

“Selama beberapa hari terakhir, begitu banyak hal indah dan semacamnya yang diucapkan mengenai saya. Anda berada di belakang saya, mendorong saya pada saat-saat sulit. Untuk itulah saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang,” lanjut pemain yang mengawali karier di Seri A pada mjusim 1992-1993.

Seorang anak fans Roma ikut laurt dalam laga trerakhir Totti di Olimpico. (Foto: mirror/AFP)

“Saya menangis sendiri, seperti orang gila! Anda tidak bisa melupakan 25 tahun seperti ini. Saya berterima kasih kepada semuanya, bahkan jika ini tidak mudah bagi saya. Saya berbicara dengan istri saya tentang seperti apa tahun-tahun ini,” kata Totti terbata-bata.

BACA JUGA :   PSG Menang Lagi, Neymar dan Cavani Berbagi Gol

“Tidak mungkin menjelaskan 28 tahun dalam beberapa frase. Saya ingin melakukannya dengan sebuah lagu atau sebuah puisi, tapi saya tidak ahli dalam hal itu. Aku mencoba mengekspresikan diriku melalui kakiku, karena semuanya terasa lebih mudah seperti itu,” Totti menyampaikan.

“Omong-omong, tahukah Anda mainan favorit saya saat masih muda? Sepakbola! Dan itu masih ada. Tapi pada titik tertentu, Anda harus tumbuh dewasa. Itulah yang mereka katakan kepada saya, waktu telah mengambil keputusan,” papar pemain yang memiliki catatan 225 gol di Seri A.

BACA JUGA :   Eden Hazard Selamatkan Chelsea

“Saya bertanya pada diri sendiri mengapa saya terbangun dari mimpi ini. Anda tahu kapan Anda masih kecil, dan Anda sedang memimpikan sesuatu yang indah sampai ibu membangunkan Anda untuk pergi ke sekolah? Anda mencoba untuk kembali tidur, tapi tidak akan pernah kembali dalam mimpi yang sama,” Totti menceritakan kisahnya.

Namun Totti kini menyadari bahwa kali ini dia tidak sedang bermimpi, melainkan sebuah kenyataan. Dia pun ingin menceritakan kisahnya kepada anak-anak yang telah mengidolakannya.

“Saya suka memikirkan karier saya sebagai dongeng untuk diceritakan … dan inilah bagian terburuknya. Sekarang semuanya sudah berakhir. Aku melepas bajuku untuk terakhir kalinya,” kata Totti seraya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantunya.

“Terlahir di Roma sebagai Romanisti adalah sesuatu yang istimewa. Menjadi kapten tim ini merupakan sebuah kehormatan. Anda dan selalu akan berada dalam hidup saya. Saya mungkin tidak bisa lagi bersenang-senang dengan kakiku ini, tapi hatiku akan selalu bersamamu,” lanjut Totti. (KS)

(Visited 67 times, 6 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo