Offside.co.id

Antonio Conte Terbebas Dari Skandal Pengaturan Skor

Senin 16 Mei 2016 20:47 WIB

Antonio Conte akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, pelatih yang akan menangani Chelsea musim depan ini dinyatakan bebas dari tuduhan kasus pengaturan skor ketika masih menangani Siena pada 2011 lalu.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/5), Conte yang akan menangani timnas Italia untuk kali terakhir di Piala Eropa 2016 dinyatakan tidak bersalah dalam pengadilan di Cremona.

Jaksa penuntut umum sempat meminta Conte dihukum penjara enam bulan dan denda 6.000 poundsterling karena dianggap membiarkan adanya pengaturan skor.

Namun, Hakim Pierpaolo Beluzzi menyatakan Conte tidak bersalah karena menganggap tuduhan pengaturan skor terhadap pelatih 46 tahun itu tidak memiliki dasar yang kuat.

BACA JUGA :   Gara-gara Selebrasi Ronaldo Terancam Sanksi

“Semuanya tuduhan dibebaskan. Yang terpenting adalah untuk Conte kasus ini sudah berakhir. Kami berbicara dengan Conte lewat sambungan telepon dan dia sangat senang,” ujar salah satu pengacara Conte, Francesco Arata.

Conte sudah menjalani hukuman beraktivitas di dunia sepakbola selama empat bulan pada musim 2012/2013 ketika masih melatih Juventus.

Pengaturan skor yang diduga melibatkan Conte adalah pertandingan antara Novara melawan Siena pada Mei 2011. Pertandingan itu berakhir imbang 2-2. Selain itu pertandingan Siena melawan Albinoleffe. Ketika itu Siena menjadi runner-up Serie B dan mendapat promosi ke Serie A.

Keputusan pengadilan juga membuat Conte bisa fokus menangani timnas Italia di putaran final Piala Eropa 2016. Gli Azzurri berada di Grup E bersama Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia.

BACA JUGA :   Fans Dynamo Kiev Rasis kepada Pemain Chelsea

Atas keputusan jaksa itu, presiden FIGC, Carlos Tavecchio, menyambutnya dengan baik. Dia pun menegaskan bahwa FIGC tak pernah berkeyakinan bahwa Conte bersalah.

“Saya sudah sangat puas dengan keputusan bebas Antonio Conte hari ini oleh pengadilan di Cremona,” kata Tavecchio di Football Italia. 

“Akhirnya posisinya sudah jelas. Keyakinan saya dalam dirinya tak pernah dipertanyakan. Sekarang, kami semua bisa lebih fokus ke Euro,” imbuhnya. (BM)

(Visited 48 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid