Offside.co.id

Luca Toni Resmi Gantung Sepatu

Kamis 5 Mei 2016 10:58 WIB

Penyerang gaek asal Italia, Luca Toni, resmi memutuskan gantung sepatu. Setelah menjalani karier sebagai pesepakbola profesional dalam 22 tahun terakhir, Toni memutuskan pensiun di usia 38 tahun.

“Setelah beberapa kali menimbang-nimbang, saya memutuskan laga hari minggu lalu merupakan laga terakhir saya sebagai pesepakbola profesional. Saya sedikit emosional, sulit sebenarnya memutuskan pensiun,” jelas Toni mengutip dari Football Italia.

Toni menutup kariernya bersama Hellas Verona. Nama Toni terkenal ketika membela Palermo pada 2003. Setelah tampil memukau bersama Palermo, ia diboyong Fiorentina dan menjadi top skor Serie A pada musim 2005-2006.

Tajam bersama La Viola (julukan Fiorentina) membuatnya dipanggil Timnas Italia. Tak sampai di situ, Toni juga sukses membawa Gli Azzurri (julukan Italia) meraih trofi Piala Dunia 2006.

Pada musim panas 2007, Toni hengkang ke Raksasa Jerman, Bayern Munich. Bersama Bayern, Toni meraih lima gelar dan dua di antaranya ialah trofi Bundesliga.

Setelah ditendang Bayern asuhan Louis van Gaal pada 2010, karier Toni sempat meredup. Beberapa klub sempat dibela semisal Juventus, AS Roma, Al-Nasr dan Fiorentina. Namun, Toni baru kembali menemukan ketajamannya bersama Verona musim lalu.

Saat itu ia sukses menjadi top skorer dengan raihan 22 gol bersama bomber Inter Milan, Mauro Icardi. Akan tetapi Toni gagal mengulangi pencapaiannya musim ini. Selain hanya mendulang lima gol musim ini, Verona harus terdegradasi ke Serie B.

Namun terlepas dari kegagalannya menjaga eksistensi Verona di Serie A, nama Toni layak disejajarkan dengan penyerang legenda Italia semodel Christian Vieri, Vincenzo Montella, Filippo Inzaghi dan Paolo Rossi. (BM)

(Visited 38 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid